Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2023: Membangun Moderasi Beragama, Menyatu dalam Karya

21 Agt 2023
Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2023: Membangun Moderasi Beragama, Menyatu dalam Karya

Jakarta (Balitbang Diklat)---Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melalui Balai Litbang Agama Jakarta menggelar Festival Film Pendek Moderasi Beragama 2023 (FFPMB 2023) tingkat pelajar dan mahasiswa. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di kalangan generasi muda  Indonesia.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Suyitno mengatakan, FFPMB 2023 bisa berdiri sebagai contoh kuat bidang seni dan budaya dapat membantu mengatasi perbedaan. “Festival ini bisa menjadi media untuk merajut tali persaudaraan di tengah keberagaman agama. Apalagi pada era media yang memiliki pengaruh besar dalam membentuk pandangan masyarakat,” ujar Kaban Suyitno, Senin (21/8/2023).

“Kami bangga melihat para generasi muda menggunakan keterampilan mereka untuk membangun jembatan moderasi beragama dan mempromosikan kerukunan di tengah perbedaan,” tuturnya.

Suyitno menambahkan bahwa kegiatan FFPMB 2023 ini merupakan pengiring, dari serangkaian acara yang puncaknya adalah Konfrensi Internasional Moderasi Beragama Asia-Afrika yang akan di gelar Oktober mendatang.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Balai Litbang Agama Jakarta sekaligus ketua penyelanggara FFPMB 2023 menyampaikan bahwa festival film tersebut memberikan kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dengan mengirimkan film pendek kreatif yang berfokus pada tema moderasi beragama.

“Para peserta diharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan penting tentang toleransi beragama dan kerukunan antar agama melalui karya mereka,” ujar Samidi.

Menurutnya, festival itu menjadi panggung di mana para sineas muda dapat menginspirasi dan mendorong partisipasi aktif masyarakat, khususnya pemuda Indonesia untuk berkontribusi dalam membangun lingkungan yang toleran dan inklusif.

“Hingga saat ini sudah ada sekitar 200 peserta yang mendaftar FFPMB 2023.  Ini membuktikan antusias generasi muda Indonesia  dalam menyampaikan pesan moderasi beragama melalui karya film pendek mereka,” jelas Samidi.

 

Rangkaian FFPMB 2023

Rangkaian FFPMB 2023 sudah dilaksanakan  sejak awal Juli 2023. Tahapan pertama kegiatan ini adalah pendaftaran peserta FFPMB 2023 pada 1 Juli 2023. Kemudian 10 Agustus hingga 30 Agustus tahapan pengiriman karya film ke panitia. Mulai 11 Agustus seluruh film kiriman peserta akan ditayangkan di channel youtube BLA JAKARTA. Masyarakat  umum juga bisa ikut berpartisipasi dengan memilih film favorit FFPMB 2023 di platform youtube BLAJ.  

Rangkaian berikutnya adalah Roadshow FFPMB 2023 di Universitas Indonesia pada 19 September 2023.  Dalam kegiatan tersebut akan ditayangkan 10 film terbaik FFPMB 2023 dibarengi seminar sehari tentang bagaimana membuat film berkualitas. Kegiatan akan menghadirkan artis senior Deddy Mizwar sebagai narsumber sekaligus juri untuk memilih pemenang FFPMB 2023.

Pengumuman pemenang FFPMB 2023 pada 22 September 2023. Ada tiga (3) kategori pemenang dalam festival ini.  Kategori Pelajar, Kategori Mahasiswa dan Kategori Film Favorit. Total hadiah yang disediakan panitia dalam festival ini sebesar 60 juta rupiah. Film pemenang FFPMB 2023 nantinya akan ditayangkan di depan para delegasi kegiatan  Konfrensi Internasional Moderasi Beragama Asia-Afrika di Bandung pada akhir September 2023. Kegiatan FFPMB 2023 kali ini BLAJ bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU).

Aris W. Nuraharjo/diad

Penulis: Aris W Nuraharjo
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI