Gus Men Ingatkan Output dan Outcome PKN, Bukan Gaya-Gayaan

13 Jun 2023
Gus Men Ingatkan Output dan Outcome PKN, Bukan Gaya-Gayaan
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI, di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI, di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Mengawali arahannya, Gus Men sapaan akrab Menag Yaqut, mengatakan kalau hanya melaksanakan PKN saja siapa pun bisa, output dan outcome-nya yang terpenting. "Kalau output dan outcome-nya tidak ada itu hanya gaya-gayaan," ungkapnya.

Gus Men mengatakan sesering apa pun seseorang mengikuti pelatihan kepemimpinan, tanpa dimasukkan sikap loyalitas kepada kesadaran masing-masing, itu hanya akan percuma.

Pembukaan PKN XVI yang mengusung tema “Strategi PenguatanToleransi Beragama Dalam Mewujudkan Umat yang Rukun dan Sejahtera” ini dihadiri Sekjen Kemenag Nizar Ali, para staf khusus dan staf ahli menteri dan pejabat di Kementerian Agama.

Pada kesempatan ini, Gus Men juga berharap PKN ini benar-benar mampu mencetak pemimpin yang memiliki legacy dan pengaruh bagi masyarakat luas.

"Saya berharap, dari PKN II ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang bisa membawa kesejahteraan umat sesuai tema besar dari pelatihan ini. Juga mampu mencapai tujuan organisasi dan lembaga masing-masing, serta melahirkan birokrat yang loyal bagi lembaganya, pemerintah dan bangsa,” pungkas Gus Men.

Pelatihan PKN ini berlangsung dari 12 Juni sampai 26 Oktober 2023, terdiri dari 60 orang peserta, dengan rincian 49 orang dari Kementeian Agama, tiga orang dari Kementerian Sosial, 7 orang dari POLRI, dan dua orang dari KPK. (Barjah)

   

 

Penulis: Barjah
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI