Hadiri AICIS 2022, Kaban Suyitno Harapkan Kontribusi Akademisi dalam Menghadapi Tantangan Global

2 Nov 2022
Hadiri AICIS 2022, Kaban Suyitno Harapkan Kontribusi Akademisi dalam Menghadapi Tantangan Global

Bali (Balitbang Diklat)--- Kepala Badan Litbang dan Diklat Prof. Suyitno menghadiri The Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Islam (Pendis) berlangsung di Bali pada 1 s.d. 4 November 2022.

“Agenda AICIS tahun ini menjadi sangat relevan karena isu yang dibahas sejalan dengan G20 terutama reaktualisasi dalam aspek pemahaman agama yang lebih kontekstual. Isu-isu ini terkait pula dengan transformasi digital, social resilience, dan beberapa isu lain yang bersentuhan dengan persoalan negara-negara G20,” ujar Kaban Suyitno di Bali, Selasa (02/11/2022).

Menurut Kaban, hal tersebut menjadi penting khususnya bagi para akademisi, expertise, ataupun sekuler yang bergerak dalam isu tersebut. “Mereka yang terlibat AICIS diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran agar pemahaman keagamaan tetap relevan dalam menghadapi tantangan global,” katanya.

Kaban Suyitno berharap AICIS Tahun 2022 yang disenergikan dengan G20 dapat mengeksplorasi berbagai gagasan yang lebih kontributif untuk perkembangan perdamaian dunia.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Pendis Prof. Ali Ramdhani mengatakan tujuan AICIS Tahun 2022 adalah untuk menghadirkan agama yang ramah, agama yang mengajarkan untuk mencintai sesama.

“Agama hadir untuk merekatkan antar manusia, agama juga mengajarkan keramahan. Agama mengajak tidak mengejek, membina tidak menghina, dan mencintai bukan mencerca,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Agama, Gubernur Provinsi Bali, pimpinan PTKIAN, Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Syafi’I yang juga diamanahkan sebagai Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. []

Diad/AR

Penulis: Dewindah
Sumber: kontributor
Editor: Rahmatillah Amin
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI