Ikut Sukseskan Acara Satu Abad NU, Balitbang Diklat Buka Stan Pameran Produk dan Buku Gratis

8 Feb 2023
Ikut Sukseskan Acara Satu Abad NU, Balitbang Diklat Buka  Stan Pameran Produk dan Buku Gratis
Stan pameran produk dan buku gratis Badan Litbang dan Diklat-BMBPSDM dalam peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin-Selasa, 6 -7 Februari 2023.

Surabaya (Balitbang Diklat)---Badan Litbang dan Diklat (Balitbang Diklat) Kementerian Agama RI yang bertransformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) ikut ambil bagian dalam menyukseskan puncak peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Jawa Timur, dari 6 sampai 7 Februari 2023.

Balitbang Diklat menghadirkan stan pameran produk dan buku gratis dalam kegiatan yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan lebih dari 300 ulama tersebut.

Banyak pengunjung yang mengaku senang dengan adanya stand pameran produk dan buku gratis, apalagi buku yang dibagikan sangat beragam dan jarang ditemui di tempat lain.

Selain buku, ada juga Al-Qur'an terjemah bahasa daerah yang paling banyak diminati oleh pengunjung, terutama mereka yang berasal dari daerah yang bahasanya digunakan sebagai bahasa terjemahan Al-Qur'an.  

Salah seorang pengunjung bernama Ardianto, asal Banyuwangi, mengaku senang bisa mendapatkan Al-Qur'an terjemah bahasa daerahnya sendiri (bahasa Using). Ia tak menyangka jika bahasa daerahnya digunakan dalam Al-Qur'an terjemahan Kementerian Agama. 

"Aku baru tau loh, mas,  kalau ada Al-Qur'an pake bahasa Using ini dan memang masih terbitan baru ya. Keren banget ini, mas, untuk melestarikan bahasa daerah", ujarnya saat mengunjungi stand, Senin (06/02/23).

Produk-produk lain juga tidak kalah menarik perhatian, seperti jurnal, buku-buku hasil penelitian, buku keagamaan, sejarah, dan lain-lain.

Kunjungi Stan

Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Arskal Salim GP.,  bersama dengan staf khusus Menteri Agama Bidang Hukum dan HAM, Prof. Abu Rokhmad, dan staf khusus Bidang Informasi dan Teknologi, Mariana Hasbie, mengunjungi stan pameran Balitbang Diklat.

Pada kesempatan tersebut, Arskal menyampaikan cukup puas atas kesiapan stan Balitbang Diklat  dalam menyambut peserta Satu Abad NU. 

"Cukup oke, mudah-mudahan nanti banyak peserta yang akan berkunjung ke stan kita. Tolong untuk teman-teman yang bertugas menjaga stan ini untuk semaksimal mungkin memberikan penjelasan terkait apa saja yang dipamerkan di sini, atau hal-hal lain terkait Balitbang Diklat  ini,” ujarnya saat mengunjungi stan, Senin (06/02/23).

Tak ketinggalan pula Dewan Pembina Dharma Wanita Persatuan, Eny Yaqut, mengunjungi stan tersebut pada Senin malam.

Ia beserta rombongannya berkunjung dan melihat produk-produk apa saja yang ditampilkan dan mengapresiasi Balitbang Diklat yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Puncak Acara

Puncak acara Satu Abad NU berlangsung khidmat dan meriah. Jutaan jemaah memadati kawasan GOR Kota Sidoarjo Jawa Timur pada Selasa, 7 Januari 2023.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Miftachul Akhyar, mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan semua pihak, dalam menyukseskan acara Harlah Satu Abad NU ini. Ia mengajak seluruh pihak, untuk bisa bersama membangun Indonesia dan menjaga kemaslahatan umat. 

"Kami akan menyongsong masa depan yang lebih baik, dengan menjadi organisasi yang lebih baik, untuk terus melakukan kebaikan demi seluruh umat. Kami apresiasi semua pihak atas kerja samanya menyukseskan acara ini," ujar Miftachul Akhyar. (Cepi Hermawan/sri)

 

Penulis: Cepi
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI