Ilmu dan Teknologi Perlu Dikelola dengan Amanah

20 Nov 2015
Ilmu dan Teknologi Perlu Dikelola dengan Amanah

Jakarta (20 November 2015). “Ilmu dan teknologi perlu dikelola dengan amanah!”. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi, A.M. Khaolani, pada pembukaan kegiatan Workshop Pengelola e-Journal yang diselenggarakan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Senin (20/11). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengelolaan jurnal berbasis Open Journal System (OJS) ini dihadiri oleh peserta dari unit kerja eselon I, II, dan III Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Puslitbang Kehidupan Keagamaan sebagai unit kerja yang memprakarsai kegiatan ini melihat bahwa kedepan hasil penelitian akan lebih mudah terakses oleh khalayak jika jurnal yang sudah ada ditransformasikan kedalam bentuk e-Journal. Ilmu dan teknologi yang mendasari e-Journal ini perlu dikelola dengan amanah, sehingga program ini tepat sasaran. Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah  Aam Muharam, Deputy Editor of MEV Journal dari LIPI Bandung. Beliau memaparkan proses e-Journal mulai dari  persiapan, penulisan, sampai e-publishing di media online.

E-Journal adalah publikasi dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Jurnal elektronik juga diartikan sebagai penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara online. e-Journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. e-Journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional, tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis, karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut, bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas.

Diharapkan program e-Journal ini mendapat dukungan dari pimpinan agar segera terwujud, sehingga Badan Litbang dan Diklat dapat menjadi pionir e-office di lingkungan Kementerian Agama. []

diad/viks/rins/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI