Ini Dia! Pentingnya Konsolidasi dalam Pendaftaran Penerbit Baru

14 Mei 2024
Ini Dia! Pentingnya Konsolidasi dalam Pendaftaran Penerbit Baru
Konsolidasi dan Sosialisasi Verifikasi Penilaian Buku Pendidikan Agama di Sumatra Utara, Selasa (14/5/2024).

Medan (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) menggelar Konsolidasi dan Sosialisasi Verifikasi Penilaian Buku Pendidikan Agama. Sumatra Utara menjadi salah satu lokasi yang menjadi tujuan kegiatan tersebut.

 

Petugas konsolidasi dan sosialisasi wilayah Sumut, Bahari dan Leo Sugiri menyempatkan kunjungan ke penerbit PT Bina Media Perintis yang menerbitkan dan mencetak buku teks pendidikan agama dan budi pekerti agama Katolik di sekolah. Selain itu, penerbit tersebut juga menerbitkan buku-buku nonteks sebagai pengayaan agama Katolik.

 

PT Bina Media Perintis menginformasikan bahwa 12 buku-buku teks agama Katolik gagal mendaftarkan penilaian tahun ini pada saat verifikasi pertama, yaitu pendaftaran akun penerbit baru.

"Kami telah memenuhi persyaratan administrasi, tetapi kami tidak mendapatkan akun penerbit baru, sehingga gagal upload," ujar editor buku sekaligus perwakilan PT Bina Media Perintis, Herlina, di Medan, Selasa (14/5/2024).

 

Menanggapi hal tersebut, Bahari dan Leo menjelaskan bahwa tahun 2025 mendatang dapat kembali mendaftar. "Saat ini, proses penilaian buku sedang memasuki proses verifikasi cek kemiripan/plagiasi menggunakan aplikasi turnitin," ujar Bahari.

 

Lebih lanjut, Bahari menginformasikan bila ada kendala teknis dalam proses pendaftaran agar cepat disampaikan dalam grup pemohon sehingga dapat ditindaklanjuti pengecekan kendala teknis tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bahari juga menyosialisasikan tahapan-tahapan penilaian buku pendidikan agama lengkap dengan petunjuk teknisnya.

 

(Leo Sugiri)

Penulis: Leo Sugiri
Sumber: Puslitbang LKKMO
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI