Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian kedua)

31 Des 2014
Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian kedua)

Jakarta (31 Desember 2014). Tahun 2014, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan dibantu tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT)kelitbangan (Balai Litbang Agama Jakarta, Balai Litbang Agama Semarang, dan Balai Litbang Agama Makassar) mampu hasilkan 26 judul penelitian dan 28 kegiatan pengembangan.

 

Bidang litbang pendidikan agama dan keagamaan terdiri dari tema pendidikan non formal dan informal (terdiri dari litbang pesantren, majelis taklim, dan pendidikan agama nonformal dan informal lainnya) serta tema pendidikan formal (terdiri dari litbang madrasah/RA/PAUD, Perguruan Tinggi Agama, pendidikan agama pada sekolah/Perguruan Tinggi non agama). Unit yang melaksanakannya adalah Puslitbang Kehidupan Keagamaan dan tiga UPT Kelitbangan.

Bidang pendidikan agama dan keagamaan pada tahun 2014 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 28.085.000.000 (dua puluh delapan milyar delapan puluh lima juta rupiah). Dengan jumlah alokasi anggaran tersebut, dihasilkan sebanyak 26 hasil penelitian dan 28 kegiatan pengembangan.

Beberapa judul penelitian yang diselenggarakan pada tahun 2014 diantaranya adalah: Penelitian Evaluasi Bantuan KKG/MGMP; Penelitian Evaluasi Kurikulum PAI Fakultas Tarbiyah UIN/STAIN; Penelitian Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama; Penelitian Standarisasi Kurikulum Pondok Pesantren; Penelitian Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pada Pendidikan Keagamaan Kristen, Katholik, Hindu dan Budha; dan Penelitian Pemetaan Kelembagaan Pondok Pesantren.

Kegiatan pengembangan bidang pendidikan agama dan keagamaan yang diselenggarakan pada tahun 2014 diantaranya adalah: Dialog Lintas Guru Agama, Uji Coba Draft Model Penilaian PAI Aspek Afeksi dan Psikomotorik, Penyusunan Model Pendidikan Diniyah Formal, Halaqoh Nasional Ulama Nusantara, Perumusan dan Penyusunan Regulasi Madrasah, Pengembangan Model Pendidikan Agama dan Keagamaan di Daerah Marginal, Monografi Madrasah Unggulan di berbagai Kota, Penyusunan Grand Desain Pengingkatan Kapasitas Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, dan Dialog Guru Pendidikan Agama.

ags/viks/chee

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI