Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian ketiga)

5 Jan 2015
Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian ketiga)

Jakarta (5 Januari2015). Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan beserta tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) kelitbangan (Balai Litbang Agama Jakarta, Balai Litbang Agama Semarang, dan Balai Litbang Agama Makassar) pada tahun 2014 berhasil selenggarakan 11 kegiatan penelitian dan 16 kegiatan pengembangan.

Bidang litbang khazanah dan lektur keagamaan meliputi tema litbang lektur keagamaan (terdiri dari litbang naskah klasik, naskah kontemporer, dan kajian kitab suci) dan tema litbang khazanah keagamaan (terdiri dari litbang sejarah sosial keagamaan, seni budaya keagamaan, dan arkeologi religi). Pelaksana litbang bidang ini adalah Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dan tiga UPT Kelitbangan.

Bidang lektur dan khazanah keagamaan pada tahun 2014 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 11.189.656.000 (sebelas milyar seratus delapan puluh sembilan juta enam ratus lima puluh enam ribu rupiah). Dengan jumlah alokasi anggaran tersebut, dihasilkan sebanyak 11 hasil penelitian dan 16 kegiatan pengembangan.

Beberapa judul penelitian yang berhasil diselenggarakan tahun 2014 diantaranya adalah: Inventarisasi Karya Ulama di Lembaga Pendidikan Keagamaan; Penelitian Rumah Ibadah Bersejarah; Survei Lektur Keagamaan Kontemporer di Masyarakat; dan Pemetaan Seni Budaya Keagamaan Nusantara.

Kegiatan pengembangan bidang lektur dan khazanah keagamaan yang diselenggarakan pada tahun 2014 diantaranya adalah: Workshop Validasi Penerjemahan Al-Quran ke Bahasa Daerah; Sosialisasi, Pameran dan Publikasi Produk Lektur dan Khazanah Keagamaan; dan Alih Media Naskah Klasik Keagamaan.

Sementara itu, bidang pengkajian Mushaf Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, pada tahun 2014 dilaksanakan sebanyak 2 kegiatan penelitian dan 12 kegiatan pengembangan. Selain menjalankan fungsi pengkajian Mushaf Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an juga melaksanakan pentashihan mushaf Al-Qur’an. Pada tahun 2014, kegiatan pentashihan dilakukan sebanyak 11 kali.[]

Ags/viks/chee

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI