Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian pertama)

24 Des 2014
Inilah Hasil Litbang Tahun 2014 (bagian pertama)

(tulisan ke-1 dari 3 tulisan).

Tahun 2014, sebanyak 54 judul penelitian dan 63 kegiatan pengembangan dihasilkan Badan Litbang dan Diklat. Jumlah penelitian dan pengembangan tersebut dihasilkan oleh 4 unit eselon II kelitbangan dan 3 UPT kelitbangan.

Keempat unit eselon II yang menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan adalah: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, dan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Sementara itu, UPT yang menyelenggarakan fungsi kelitbangan adalah Balai Litbang Agama Jakarta, Balai Litbang Agama Makassar, Balai Litbang Agama Semarang.

Terdapat empat bidang penelitian dan pengembangan (litbang) yang diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat. Pertama,bidang litbang kehidupan keagamaan; kedua, bidang litbang pendidikan agama dan keagamaan; ketiga, bidang litbang lektur dan khazanah keagamaan; dan keempat, bidang pengkajian Mushaf Al-Qur’an.

Bidang litbang kehidupan keagamaan meliputi tema aliran dan pelayanan keagamaan (terdiri dari litbang aliran/paham/pemikiran keagamaan; litbang organisasi keagamaan; dan litbang layanan keagamaan) dan tema hubungan antarumat beragama (terdiri dari litbang hubungan interumat beragama; dan litbang hubungan antarumat beragama). Bidang litbang kehidupan keagamaan diselenggarakan oleh Puslitbang Kehidupan Keagamaan dan tiga UPT Kelitbangan.

Pada tahun 2014, bidang kehidupan keagamaan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 12.551.964.000 (dua belas milyar lima ratus lima puluh satu juta sembilan ratus enam puluh empat ribu rupiah). Dengan alokasi anggaran tersebut, dihasilkan 16 judul penelitian dan 17 kegiatan pengembangan.

Beberapa judul penelitian yang dihasilkan adalah: Penelitian Pelayanan Keagamaan bagi Masyarakat Perbatasan; Penelitian Tentang Aliran/Paham Keagamaan Aliran/Denominasi dalam Agama Kristen;Penelitian "Pandangan Pemuka Agama Tentang Urgensi Pengaturan Kerukunan Umat Beragama"; Penelitian Eksistensi Agama Shikh, Bahai, Dan Tao di Indonesia; dan Penelitian Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat di Indonesia.

Kegiatan pengembangan yang dilaksanakan pada tahun yang sama diantaranya adalah: : Seminar Sehari "8 Tahun Terbitnya PBM Nomor 9 & 8 Tahun 2006"; Workshop Kebijakan Kementerian Agama Tentang Pengaturan Kelembagaan dalam Agama Kristen; Kajian dan Penyusunan Modul Pengembangan Wadah Kerukunan dan Ketahanan Masyarakat Lokal; Penyusunan Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan di Indonesia Tahun 2014; Bedah Buku Kehidupan Keagamaan; dan Sosialisasi Pedoman Penanganan Aliran dan Gerakan Keagamaan Bermasalah di Indonesia.[]

ags/viks/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI