Jaga Kebersihan Bagian dari Cinta Profesi

4 Apr 2024
Jaga Kebersihan Bagian dari Cinta Profesi
Kepala Badan Litbang dan Diklat menyampaikan arahan pada kegiatan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan di Bogor, Kamis (4/4/2024).

Bogor (Balitbang Diklat)---Salah satu hikmah penting dalam Ramadan adalah kebersihan. Untuk itu, Kepala Badan Litbang dan Diklat Suyitno berpesan kepada seluruh pegawai untuk memiliki check list pekerjaan, termasuk kebersihan tempat kerja.

 

“Pusdiklat adalah perwajahan Kemenag sebagai lembaga yang memberikan pelatihan bagi internal maupun eksternal. Oleh karena itu, image yang terbentuk pertama kali adalah perihal kebersihan,” ungkap Suyitno di sela-sela arahannya pada kegiatan Pusdiklat Tenaga Teknis di Bogor, Kamis (4/4/2024).

 

Menurutnya, meskipun sekarang sedang berlangsung beautifikasi kampus, tetapi tugas menjaga kebersihan menjadi tanggung jawab bersama. Setiap pegawai harus mulai menumbuhkan kesadaran dari dalam diri untuk selalu peduli pada kebersihan.

 

Inner dan outer-beauty kampus Pusdiklat harus sejalan. Jangan sampai pembangunan beautifikasi kampus berjalan masif, tetapi kepedulian kebersihan di dalamnya tidak dijaga,” imbaunya.

 

Kaban mengibaratkan kantor sebagai kebun atau ladang tempat bekerja dan bercocok tanam. Tempat yang akan menghasilkan sesuatu untuk menafkahi keluarga.

 

Maka, lanjut Kaban, harus menciptakan sense of belonging terhadap tempat yang memberikan hasil dan nafkah untuk keluarga. Jangan sampai jadi pegawai yang tidak mencintai kantornya.

 

“Sesungguhnya para pendahulu kita telah menanamkan nilai-nilai konsistensi dan cinta terhadap profesi. Seperti gambaran petani yang menghabiskan waktu di ladang untuk merawat dan menjaganya agar bisa menghasilkan panen terbaik,” tuturnya.

 

Terakhir, Kaban mengingatkan untuk menjaga kehormatan profesi dengan bekerja yang baik. Melayani sepenuh hati, bukan karena keterpaksaan.

 

(Diad/Sr)

Penulis: Dewi Indah Ayu D
Sumber: Dewi Indah
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI