Kaban: Hargai Waktu dan Amanah Negara

28 Jan 2020
Kaban: Hargai Waktu dan Amanah Negara
Foto: Filman Ghaida

Bogor (27 Januari 2020). Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kaban) Abd. Rahman Mas’ud meminta jajarannya untuk menghargai waktu dan amanah yang diberikan negara. Apalagi menurutnya, tantangan Balitbang Diklat kedepan akan semakin berat.

Hal ini diungkapkan Kaban di hadapan peserta Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Tahun 2019 Dan Pemantapan Kegiatan Dan Anggaran Tahun 2020 di Bogor. “We act without thinking, we keep thinking without acting. Ini adalah refleksi masalah umum birokrasi yang sering kita hadapi. Maka kita perlu menghargai waktu dan amanah yang diberikan oleh negara dengan cara memaksimalkannya,” kata Kaban Mas’ud, Senin (27/01).

Terutama tahun ini merupakan tahun transisi, dimana beberapa pejabat Eselon I dan II memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, perlu ada kesinambungan agar kinerja semakin baik.

Kaban pun bersyukur atas atas kinerja yang cukup baik di tahun 2019. Salah satunya dengan capaian serapan anggaran yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Dari sisi image kelembagaan, terutama relasi keluar, sudah dibuktikan dengan beberapa akreditasi dan kerjasama dengan lembaga lain. Selain itu, kita pun sudah menerbitkan PMA Nomor 18 Tahun 2019 sebagai payung hukum kegiatan penelitian,” ungkap Kaban.

Selain itu, menurut Kaban terlihat pula adanya trust baik dari instansi pemerintah, lembaga lain, bahkan media lokal maupun internasional yang mulai menghubungi Balitbang Diklat.

Menutup sambutannya, Kaban mengatakan lesson learned perlu untuk terus dikembangkan. Ia pun mengajak seluruh peserta untuk terus bersyukur atas capaian yang berhasil diraih.

Pada kesempatan itu juga, diberikan penghargaan kepada unit Eselon II di ingkungan Badan Litbang dan Diklat atas serapan anggaran tertinggi tahun 2019.

Peringkat pertama diraih oleh Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan dengan nilai serapan  99.56%.

Peringkat kedua diraih oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan dengan nilai serapan 98.60%.

Peringkat ketiga diraih oleh Sekretariat Badan Litbang dan Diklat dengan nilai serapan 97.87%.

Piagam Penghargaan Unit Eselon Ii Terbaik di Bidang Pelaporan Program dan Anggaran Tahun 2019 diberikan Kepada Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan DIPA Tahun 2020 kepada masing-masing unit Eselon II.[]

diad/diad

 

 

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI