Kaban: Realisasi Anggaran Balitbang Diklat di Atas 90 Persen

18 Mar 2021
Kaban: Realisasi Anggaran Balitbang Diklat di Atas 90 Persen

Jakarta (17 Maret 2021). Rata-rata realisasi anggaran tahun 2020 setiap unit di Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama berada di atas 90 persen. Ini merupakan hasil kerja keras kita. Kedepan, tanggung jawab pekerjaan dan tantangan akan semakin besar.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kaban) Achmad Gunaryo saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (17/03).

“Menteri Agama berpesan agar kita dapat bekerja semaksimal mungkin. Harus melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tanggung jawab. Kedepan, Balitbang Diklat akan semakin banyak pekerjaan dan tantangan. Jika realisasi anggaran tahun 2020 di atas 96 persen, maka tahun 2021 mestinya di atas 98 persen,” ujar Kaban Gunaryo mengawali sambutan.

Rapat Koordinasi Badan Litbang dan Diklat Tahun 2021 bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan anggaran tahun 2020, memantapkan program dan anggaran tahun 2021, serta menyinkronkan program di pusat dan daerah.

Pada kesempatan itu, Kaban Gunaryo mengatakan penelitian yang dilakukan Balitbang Diklat masih kurang pengembangan. “Pengembangan harus semakin ditingkatkan, karena to find something saja tidak cukup. Selain itu, penelitian yang dilakukan harus merujuk pada program Kemenag,” imbau Kaban Gunaryo.

Untuk bidang penelitian, Kaban Gunaryo bercita-cita menyingkronkan survei agar ada kesamaan hasil meski berbeda institusi penyelenggara penelitian. Kaban pun berharap agar penelitian bisa diakses secara digital. “Pengunjung Simlitbang perhari sekitar 200-250 visitors. Ini perlu ditingkatkan, jangan sampai ada penelitian yang tidak bisa diakses secara digital,” ujar Kaban.

Sementara itu, pada bidang kediklatan Kaban Gunaryo meminta agar kegiatan diklat disesuaikan dengan kondisi pandemi dan sesuai standar protokol kesehatan. “Jangan sampai pandemi menghalangi kegiatan diklat, karena tugas kita membina kompetensi pegawai,” tandasnya.

Rapat Koordinasi Balitbang Diklat Tahun 2021 menjadi ajang penyerahan penghargaan bagi satuan kerja dan unit pelaksana teknis di bawah Badan Litbang dan Diklat. Berikut penghargaan yang diberikan:

Satuan Kerja dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Terbaik Tahun 2020 pada Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama

  1. Balai Litbang Agama Semarang Sebagai Satuan Kerja Dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Tahun 2020 Terbaik Pertama (NKA = 99,95)
  2. Balai Litbang Agama Makassar Sebagai Satuan Kerja Dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Tahun 2020 Terbaik Kedua (NKA = 99,68)
  3. Balai Diklat Keagamaan Makassar Sebagai Satuan Kerja Dengan Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Tahun 2020 Terbaik Ketiga (NKA = 99,63)

Satuan Kerja dengan Realisasi Anggaran Terbaik Tahun 2020 pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

  1. Balai Litbang Agama Semarang Sebagai Satuan Kerja Dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Pertama (Realisasi = 99,63%)
  2. Balai Diklat Keagamaan Semarang Sebagai Satuan Kerja Dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Kedua (Realisasi = 99,09%)
  3. Balai Diklat Keagamaan Denpasar Sebagai Satuan Kerja Dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Ketiga (Realisasi = 98,89%)

Unit Kerja Eselon II  Pusat dengan Realisasi Anggaran Terbaik Tahun 2020 pada Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama

  1. Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Sebagai Unit Kerja Eselon II Pusat Dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Pertama (Realisasi = 99,25%)
  2. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Sebagai Unit Kerja Eselon II Pusat dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Kedua (Realisasi = 99,11%)
  3. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Sebagai Unit Kerja Eselon II Pusat dengan Realisasi Anggaran Tahun 2020 Terbaik Ketiga (Realisasi = 98,37%)

Penyerahan Hasil Penelitian Tahun 2020 Tercepat : Balai Litbang Agama Makassar

Penyerahan Hasil Penelitian Tahun 2020 Terlengkap : Puslitbang Pendidikan Agama Dan Keagamaan

OJS Pertama Terakreditasi Pada Balai Diklat Keagamaan : Balai Diklat Keagamaan Bandung

Website Dengan Visitor Terbanyak : Balai Diklat Keagamaan Jakarta

Satuan Kerja Dengan Rekonsiliasi Bulanan Terbaik :

  1. Bdk Medan
  2. Bdk Padang
  3. Bdk Palembang
  4. Bdk Bandung
  5. Bdk Manado

Penghargaan Inovasi Budaya Kerja Terbaik Tahun 2020 : Balai Diklat Keagamaan Makasar Dengan Inovasi Clean And Green Dan Sehati;

Penghargaan Laporan Kinerja Terbaik Tahun 2020 : Balai Diklat Keagamaan Semarang;

Penghargaan Pembangunan Zona Integritas Terbaik Tahun 2020 : Balai Diklat Keagamaan Semarang

Perolehan Skor Karya Tulis Ilmiah Widyaiswara Tertinggi : BDK Surabaya

Pengelolaan BMN Terbaik : Balai Litbang Agama Semarang

Kategori Pengelolaan Arsiparis Terbaik : BDK Semarang

diad/AR/diad

Penulis: Dewindah
Editor: Rahmatillah Amin
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI