Kaban Suyitno: ASN Harus Kerja Keras, Kerja Ikhlas

8 Feb 2023
Kaban Suyitno: ASN Harus Kerja Keras, Kerja Ikhlas
Kepala Badan Litbang dan Diklat memberikan arahan pada kegiatan Evaluasi Kinerja Fungsional di Surabaya, Selasa (07/02/2023).

Surabaya (Balitbang Diklat) --- Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak perlu berpikir mau dipromosi menjadi apa, yang penting kerja keras dengan menunjukkan prestasi.

Yarfaillahulladzina Amanu Minkum Walladzina Utul Ilma Darojat. Dalam konteks ASN, bekerjalah dengan ikhlas, maka nanti Allah akan mengangkat derajat (pangkat) dengan cara-Nya,” ujar Kepala Balitbang Diklat Prof. Suyitno dalam arahannya pada Evaluasi Kinerja Fungsional di Surabaya, Selasa (7/2/2023).

Mengutip Al-Qur’an Surat Al-Mujadalah Ayat 11, Kaban mengatakan ilmu manajemen ikhlas telah diajarkan oleh para ulama. “Tak usah berpikir nanti akan menjadi apa, yang penting menuntut ilmu dengan benar. Demikian nasihat yang sering disampaikan ulama terdahulu,” kata Kaban.

Menurut Kaban, ilmu itu berkat, maka sebagai ASN keberkahan ilmu ditandai dengan kebermanfaatannya yang tercermin dari kinerja. “Jika atasan dapat melihat kinerja kita, maka sesungguhnya ada magnet diri yang terdapat unsur teistik di dalamnya. Saya percaya itu,” tuturnya.

Cara Allah mengangkat derajat kita, lanjut Kaban, yakni dengan memberi hidayah kepada atasan untuk mempromosikan kita. Selain itu, bisa pula melalui jalur informasi kolega.

“Seorang kolega bisa saja memberikan pendapatnya mengenai kinerja kita. Oleh karena itu, kita perlu menjaga hubungan baik dengan Tuhan, atasan, dan rekan kerja,” imbau Kaban.

Namun sebaliknya, kolega juga bisa memberikan gambaran atau pendapat mengenai kinerja buruk kita. “Cara kita berkomunikasi, berinteraksi, dan berkinerja akan menentukan masa depan kita,” tandasnya.

Diad/Abas

Penulis: Dewi Indah Ayu
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI