Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Kapusdiklat Teknis Cek Kesiapan Pelatihan IKM BK
Sosialisasi Panduan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas, Surabaya 16-18 Maret 2023

Kapusdiklat Teknis Cek Kesiapan Pelatihan IKM BK

Sabtu, 18 Maret 2023
Kategori : Berita

Surabaya (Balitbang Diklat)— Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Pusdiklat Teknis) bersama 14 Balai Diklat Keagamaan (BDK) dan 2 Loka Diklat Keagamaan (LDK) menggelar Sosialisasi Surat Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat (Kaban) Kementerian Agama Nomor 41 Tahun 2023 tentang Panduan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) pada 16-18/03/2023 di Surabaya. Selain sebagai forum sosialisasi, ajang ini juga menjadi arena persiapan penyelenggaraan Pelatihan IKM BK pada Pusdiklat Teknis, BDK, dan LDK.

Acara dihadiri Kepala Badan Litbang dan Diklat, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Kepala Balai Diklat Keagamaan, Kepala Subbagian TU, Tim Kerja Pengembangan Kurikulum, Tim Kerja Penyelenggara Pelatihan, dan Perencana. Kekompakan seluruh unit pelatihan dibutuhkan untuk memperkuat konsolidasi, sinergitas, dan kolaborasi.

Dalam sesi arahannya, Kapusdiklat Teknis Mastuki mereviu kesiapan penyelenggaraan pelatihan yang notabene merupakan pelatihan baru dengan model yang khas.

“Ada delapan area yang harus dicek yang merupakan titik kritis. Kita harus melakukan mitigasi terhadap delapan area tersebut agar penyelenggaraan pelatihan berlangsung lancar dan sukses serta sesuai dengan yang kita idealkan. Kedelapan area terebut meliputi kepesertaan, sebaran madrasah sasaran, koordinasi stakeholders, sistem MOOC, tenaga pengajar, instrumen pelatihan, lokus pelatihan, dan pembiayaan,” ungkap Kapusdiklat.

Kapusdiklat mereviu kedelapan area tersebut satu per satu secara mendetail untuk memastikan Pelatihan IKM BK siap digelar. Balai dan Loka Diklat Keagamaan menguraikan kesiapannya. Berbagai permasalahan dan kendala didiskusikan secara terbuka dan diambil solusi secar bersama. Time Table Pelatihan IKM BK disepakati meliputi: (1) pendataan madrasah sasaran dan peserta pelatihan pada 20-27 Maret 2023, (2) registrasi peserta pada aplikasi Pintar pada 27-31 Maret 2023, (3) pelaksanaan pelatihan tahap On the Job Training I (OJT I) pola MOOC dimulai 3 April 2023, dan (4) pelaksanaan pola In Service Training (IST) secara tatap muka dilaksanakan sejak awal Mei hingga akhir Juni 2023, dilanjutkan dengan pola On the Job Training II (OJT II) sejak berakhirnya IST hingga 6 bulan kedepan.

Di akhir sesi, peserta Sosialisasi menyatakan tekad bulatnya untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pelatihan IKM BK. “Apakah Bapak Ibu siap menyukseskan Pelatihan IKM BK? Tanya Ketua  Tim Pengembangan Kurikulum, Efa Ainul Falah. “SIAAAP!!”, sahut peserta Sosialisasi dengan suara lantang dan menggema di hadapan Kapusdiklat Teknis. (Efa AF/diad)


Sumber :

Penulis : Efa Ainul Falah

Editor : Dewi Indah Ayu

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP