Kapuslitbang LKKMO Berikan Penguatan Riset Keagamaan di IAIN Kendari

26 Okt 2022
Kapuslitbang LKKMO Berikan Penguatan Riset Keagamaan di IAIN Kendari

Kendari (Balitbang Diklat)---Kepala Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. Arskal Salim GP memberikan Kuliah Umum di kampus IAIN Kendari. Kegiatan mengusung tema "Penguatan Riset Keagamaan", berlangsung pada Rabu, 26 Oktober 2022 dengan peserta ratusan mahasiswa.

Kapus Arskal menyampaikan penguatan moderasi beragama, khususnya bagi para mahasiswa sebagai generasi Z dan juga menyampaikan pentingnya menyiapkan kemampuan penguasaan literasi sebagai dasar wawasan untuk penguatan riset. "Ada 3 literasi yang perlu dikuasai di era revolusi industri 4.0 ini, yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapus Arskal juga menegaskan hal lain yang tidak kalah penting dalam penguatan riset, yakni hilirisasi riset. Jangan sampai penelitian itu hanya untuk dirinya sendiri yang tidak jelas nilai kebermanfaatannya.

"Bagaimana riset bukan hanya berakhir di tumpukan kertas, tapi nilai kebermanfaatannya harus sampai kepada user, baik itu perguruan tinggi, pemerintah, industri sampai masyarakat luas,” tegas Arskal.

Di tengah penyampaian Kuliah Umum, Kapus Arskal juga mengapresiasi kepada semua civitas academica IAIN Kendari, khususnya tim penerjemah yang telah menyelesaikan pekerjaan Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa Daerah Tolaki dengan sangat cepat.

"Tim Penerjemah di sini sangat luar biasa semangat kerjanya. Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa daerah Tolaki ini menjadi yang tercepat selesainya dibandingkan dengan penerjemahan Al-Qur'an di daerah lain,” ungkap Arskal Salim.

Kegiatan Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Daerah Tolaki tersebut merupakan hasil kerja sama antara Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi dengan IAIN Kendari pada tahun 2022.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Senat IAIN Kendari, Wakil Rektor III IAIN Kendari, Kepala Perpustakaan IAIN Kendari, Kepala Bagian Umum IAIN Kendari, dan perwakilan dari tokoh adat Kendari, tokoh ada Konawe dan perwakilan dosen dari Universitas Halu Oleo beserta para mahasiswa IAIN Kendari  yang antusias mengikuti Kuliah Umum.[]

Muis/diad

 

 

Penulis: Muis
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI