Kegiatan PKA, Minimalis Sekaligus Maksimalis

5 Feb 2024
Kegiatan PKA,  Minimalis Sekaligus Maksimalis
Kabag TU Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nilam Nur Azizah didampingi Ketua Tim Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan dan Struktural, Sri Mulyati, pada kegiatan Sarasehan PKA di Hotel Whiz Jaksel, Senin (5/2/2024)

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang tinggal menghitung hari, akan diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi. Seperti dilakukan sebelumnya, penyelenggaraan PKA, didahului kegiatan sarasehan. Kegiatan ini merupakan awal penyelenggaraan PKA dalam hal pemetaan jadwal dan pengajar/pengampu materi, penentuan lokus, dan fokus.

 

“PKA ini sebenarnya minimalis, tapi juga maksimalis,” ujar Kabag TU Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nilam Nur Azizah didampingi Ketua Tim Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan dan Struktural, Sri Mulyati, di Hotel Whiz Jaksel, Senin (5/2/2024).

 

“Minimalis dalam hal sumber daya penyelenggara atau kepanitiaan. Berdasarkan regulasi, ditetapkan hanya sepuluh persen dari total calon peserta per angkatan. Maksimalis menekankan pada kualitas penyelenggaraan PKA, yang tetap mengacu pada evaluasi penyelenggaraan PKA tahun-tahun sebelumnya,” tutur Nilam. 

 

“Hal-hal yang masih banyak kekurangan dalam kualitas penyelenggaraan PKA tahun lalu, di angkatan ini harus segera diperbaiki,” pesannya. 

 

Tahun ini penyelenggaraan PKA sejumlah dua angkatan dan dilaksanakan secara mandiri oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. 

 

Nilam berharap para alumni PKA nanti akan mengikuti seleksi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN). “Untuk itu, sinergi semua pihak harus menjadi perhatian penting, terutama evaluasi yang berkelanjutan terhadap aksi perubahan yang telah disusun/dibuat serta diimplementasikan para peserta PKA,” tegasnya. 

 

“Semoga penyelenggaraan PKA yang merupakan program bersama ini berjalan dengan baik. Kerja sama semua pihak dibutuhkan sekaligus didukung kedisiplinan widyaiswara dalam proses penyelenggaraan,” pungkasnya. 

 

Kegiatan Sarasehan PKA yang dilaksanakan dari 5 sampai 6 Februari 2024 ini  diikuti  26 orang peserta berasal dari Pusdiklat Tenaga Administrasi dan LAN Jakarta.  (YN/RS/sri)

   

 

Penulis: YN dan RS
Sumber: Rahmi
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI