KEISTIMEWAAN DAN TANTANGAN LESSON STUDY

8 Jun 2012
KEISTIMEWAAN DAN TANTANGAN LESSON STUDY

KEISTIMEWAAN DAN TANTANGAN LESSON STUDY 

 

Agus Mukhtar R*

Abstraction

Lesson Study is a model of professional development of educators(teachers) through the assessment and ongoing learning kolabotarifbased on the principles of collegiality and mutual learning to build alearning community .. Lesson Study is not a strategy or method of learning, but coaching is one way to improve the learning process. In the basics lesson study includes 3 (three) stages of the planning activities(planning), implementation (action/do) learning and observation andreflection (reflection/see),

Key words

Lesson Study, Plan, Do, See

 

Pendahuluan

Kalau diamati secara filosofis, ada perubahan mendasar yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pembelajar- an melalui berbagai pendekatan. Siswa yang selama ini dianggap sebagai obyek pendidikan, ditingkat- kan kedudukannya sebagai subyek pendidikan. Perubahan pendekatan dari penekanan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) menjadi bagaimana siswa belajar (student-centered) ini melekatkan segala pertimbangannya kepada murid terlebih dahulu, bukan kepada guru seperti yang selama ini berlangsung. Mempertimbangkan proses pembela-jaran yang akan berlangsung juga didasarkan kepada apa yang harus dilakukan murid. Muridlah yang menjadi titik perhatian, sumber penilaian, dan sumber masukan untuk peningkatan kinerja pembelajaran. Inilah nampaknya yang dianut dalam Lesson Study.

Pembahasan

Didalam peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,  Bab IV pasal 19 ayat 1 dinyatakan bahwa proses pembe-lajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa  untuk berpartisi-pasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa.

Lesson study merupakan salah satu bentuk pembinaan guru (in-service) yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan lesson study para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesio-nalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan meghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Slamet Mulyana (2007) mem-berikan rumusan tentang Lesson Study sebagai salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas danmutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Catherine Lewis (2004) me-ngingatkan dua sisi yang harus diperhatikan dari penerapan Lesson Study:

“lesson study is a simple idea. If you want to improve instruction, what could be more obvious than collaborating with fellow teachers to plan, observe, and reflect on lessons? While it may be a simple idea, lesson study is a complex process, supported by collaborative goal setting, careful data collection on student learning, and protocols that enable productive discussion of difficult issues”.

 

Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pem-belajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk mening-katkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berke-sinambungan dalam merencanakan (plan), melaksanakan (do), meng-observasi dan melaporkan hasil pembelajaran/refleksi (see). Yaitu;

1.Merencanakan pembelajaran dengan penggalian akademis pada topik dan alat - alat pembelajaran yang digunakan, yang selanjutnya dise-but tahap Plan.

2.Melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada rencana pem-belajaran dan alat - alat yang disediakan, serta mengundang rekan - rekan sejawat untuk mengamati. Kegiatan ini disebut tahap Do.

3.Melaksanakan refleksi melalui berbagai pendapat/tanggapan dan diskusi bersama pengamat/obser-ver. Kegiatan ini disebut tahap See.

Dari hasil pengamatannya, me-lengkapi tahapan di atas, Catherine Lewis (2004) mengemukakan ciri-ciri esensial dari Lesson Study, yaitu:

1. Tujuan bersama untuk jangka panjang. Lesson study didahului adanya kesepakatan dari para guru tentang tujuan bersama yang ingin ditingkatkan dalam kurun waktu jangka panjang dengan cakupan tujuan yang lebih luas, misalnya tentang: pengembangan kemampuan aka-demik siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pemenuhan kebutuhan belajar siswa, pengembangan pembela-jaran yang menyenangkan, mengembangkan kerajinan siswa dalam belajar, dan sebagainya.

2. Materi pelajaran yang penting. Lesson study memfokuskan pada materi atau bahan pelajaran yang dianggap penting dan menjadi titik lemah dalam pembelajaran siswa serta sangat sulit untuk dipelajari siswa.

3. Studi tentang siswa secara cermat. Fokus yang paling utama dariLesson Study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya, apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.

4. Observasi pembelajaran secara langsung. Observasi langsung boleh dikatakan merupakan jantungnya Lesson Study. Untuk menilai kegiatan pengembangan dan pembelajaran yang dilak-sanakan siswa tidak cukup dilakukan hanya dengan cara melihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Lesson Plan) atau hanya melihat dari tayangan video, namun juga harus mengamati proses pembelajaran secara langsung. Dengan melakukan pengamatan langsung, data yang diperoleh tentang proses pembelajaran akan jauh lebih akurat dan utuh, bahkan sampai hal - hal yang detail sekali pun dapat digali. Penggunaan videotape atau rekaman bisa saja digunakan hanya sebatas pelengkap, dan bukan sebagai pengganti.

Pandangan kritis yang dikemu-kakan inilah sehingga membedakan pelaksanaan Lesson Study dengan proses pembelajaran yang biasa kita terapkan di Indonesia selama ini. Sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembe-lajaran yang selama ini dipandang kurang efektif, Lesson Study, sejak tahapan merencanakan (plan), kemudian melaksanakan (do), dan akhirnya refleksi (see) membutuhkan keterbukaan dan melibatkan pihak lain. Inilah hal terpenting yang ingin saya garis bawahi agar Lesson Study dapat diterapkan dan berhasil di Indonesia.

Pertama, kemauan membuka diri. Membuka diri berarti menerima masukan dari pihak lain sejak merencanakan materi pelajaran, ketika melaksanakan apa yang telah direncanakan, dan merefleksikan hasil pelaksanaan tersebut sehingga memungkinkan guru-guru dapat membagi pengalaman pembelajaran dengan sejawatnya.

Lesson study sebagai salah satu program kegiatan untuk mening-katkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran dapat dikembangkan di sekolah sebagai studi untuk analisis atas suatu praktik pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran berbasis riset untuk menemukan inovasi pembelajaran tertentu. Apabila semua ini dapat menjadi sebuah tradisi atau kebiasaan maka akan tampak hasil yang signifikan. Implementasi program ini perlu dimonitor dan dievaluasi sehingga akan diketahui bagaimana keefektifan, keefesienan dan perolehan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Inilah hal

Kedua, yang harus diperhatikan;

Pada dasarnya, Lesson Study dapat dilaksanakan melalui 7 (tujuh) langkah kegiatan, yaitu:

1. Pembentukan kelompok Lesson Study

2. Penentuan fokus Lesson Study

3. Perencanaan Lesson Study

4. Persiapan observasi

5. Pelaksaan dan observasi pembela-jaran

6. Tanya jawab (diskusi) tentang pembelajaran yang dilaksanakan, dan

7. Refleksi dan perencanaan langkah berikutnya (Richardson, 2006)

Lesson Study yang diniatkan untuk merevitalisasi MGMP (Musya-warah Guru Mata Pelajaran –setelah era efektif PKG)- menyodorkan paradigma kritis tentang pembelajaran. Meningkatkan mutu pembelajaran melalui pengamatan kepada perilaku siswa adalah terobosan yang ditawarkan. Sikap dan perilaku yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran menjadi titik perhatian untuk meningkatkan pembelajaran pada proses berikutnya.

Hal ini ditandai pada posisi pandang para pengamat ketika tahap pelaksanaan (do) berlangsung. Semua catatan yang diperoleh merupakan bahan diskusi pada tahap refleksi (see).

Kegiatan merencanakan (plan), melaksanakan (do), dan refleksi (see) menuntut keterbukaan, kebersediaan bekerja sama dengan pihak lain. Keterbukaan inilah yang masih menjadi kendala guru-guru kita. Menerima masukan ketika meren-canakan pelajaran masih mungkin dilakukan. Tetapi membuka pintu kelas untuk dihadiri dan dalam jumlah banyak guru lain untuk mengamati ketika sedang mengajar, bukanlah kendala yang mudah ditaklukkan. Apalagi kebersediaan untuk dicer-mati, diberikan masukan dan kritikan terhadap proses pembelajaran yang baru saja dilaksanakan. Perlu diingat bahwa inti kegiatan refleksi (see) adalah kesiapan untuk saling men-dengarkan, selain itu juga bisa mempertimbangkan kembali sejauh mana rencana pembelajaran tersebut telah sesuai dan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, sebagai dasar untuk perbaikan selanjutnya. Hambatan psikologis inilah yang harus diatasi terlebih dahulu untuk melihat keberhasilan proses Lesson Study.

Penerapan Lesson Study dida-sarkan kepada proses, usaha yang berkesinambungan. Proses yang asli dan nyata, bukan tampil karena hanya untuk diamati. Kondisi natural inilah yang diyakini dapat membuat ilmu yang diperoleh tidak pernah dilupakan siswa. Guru harus merubah cara menyampaikan ilmunya, dari yang bersifat klasikal (penyampaian materi) menjadi eksploratif (pemahaman arti suatu ilmu). Keaktifan siswa dalam bereksplorasi tidak akan terganggu oleh banyaknya pengamat yang hadir di dalam kelasnya.

Lesson study merupakan salah satu cara yang efektif untuk mening-katkan kualitas pembelajaran. Hal ini dikarenakan :

1) pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil “sharing” pengetahuan profesional yang berlandaskan pada praktik dan hasil pengajaran yang dilaksanakan para guru,

(2) penekanan mendasar pada pelaksanaan suatu lesson study adalah agar para siswa memiliki kualitas belajar,

(3) kompetensi yang diharapkan dimiliki siswa, dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam pembelajaran di kelas,

(4) berdasarkan pengalaman nyata dan alami di kelas, lesson study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, dan

(5) lesson study akan menempatkan peran para guru sebagai peneliti pembelajaran (Lewis, 2004).

Terkait dengan penyelenggara-annya, Slamet Mulyana (2007) mengetengahkan tentang dua tipe penyelenggaraan Lesson Study, yaitu Lesson Study berbasis sekolah dan Lesson Study berbasis MGMP. Lesson Study berbasis sekolah dilaksanakan oleh semua guru dari berbagai bidang studi dengan kepala sekolah yang bersangkutan. dengan tujuan agar kualitas proses dan hasil pembelajaran dari semua mata pelajaran di sekolah yang bersangkutan dapat lebih ditingkatkan. Sedangkan Lesson Study berbasis MGMP merupakan peng-kajian tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelompok guru mata pelajaran tertentu, dengan pendalaman kajian tentang proses pembelajaran pada mata pelajaran tertentu, yang dapat dilaksanakan pada tingkat wilayah, kabupaten atau mungkin bisa lebih diperluas lagi.

Dengan penjelasan singkat di atas, saya berkeyakinan bahwa Lesson Study dapat dijadikan jembatan untuk meniti ke arah cita-cita  proses pembelajaran yang ideal sebagaimana tercantum dalam Standar Nasional Pendidikan di atas. Para guru dapat leluasa meningkatkan kinerja dan keprofesionalannya yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pembe-lajaran. Upaya terus menerus menerapkannya dapat meningkatkan kolaborasi akademik dan dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga para guru dapat mengkaji mutu pembelajaran berdasarkan data dan fakta yang sesungguhnya.

Secara individual, hal ini diyakini dapat menumbuhkan semangat introspeksi terhadap apa yang sudah dilakukan selama ini dalam proses pembelajarannya. Sehingga paradig-ma guru yang hanya mentransfer pengetahuan yang dimiliki menjadi memberikan inspirasi kepada siswa untuk berkreasi dan melatih siswa untuk hidup mandiri. 

Agar dapat lebih memberi makna, perlu lebih diaktifkan peran dari komponen yang terkait dalam bidang pendidikan, Kepala Sekolah, MGMP, Kantor Dinas Pendidikan, Universitas, dan para pemerhati pendidikan pada komitmen nyata dalam mendukung kegiatan 

 

Kesimpulan

1. Lesson Study dilaksanakan ber-dasarkan tahapan - tahapan secara siklik, meliputi :

(a) tahapan perencanaan (plan);

(b) pelaksanaan (do);

(c) refleksi (see);

2. Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berke-lanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

3. Ciri-ciri dari Lesson Study yaitu adanya: (a) tujuan bersama untuk jangka panjang; (b) materi pelajaran yang penting; (c) studi tentang siswa secara cermat; dan (d) observasi pembelajaran secara langsung

4. Lesson study memberikan banyak manfaat bagi para guru, antara lain: (a) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (b) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitas lainnya, dan (c) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study

  1. Penyelenggaraan Lesson Study dapat dilakukan dalam dua tipe: (a)Lesson Study berbasis sekolah; dan (b) Lesson Study berbasis MGMP

 

Lesson Study jangan dianggap sebagai sebuah proyek sesaat dan ketika terjamin dukungan keuangannya saja, tetapi meru-pakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management (TQM), yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, dan berdasarkan data.

  • Lesson Study hendaklah dilakukan di wilayah guru mengajar dengan menggunakan kelas dalam lingkungan nyata, sehingga akan membiasakan guru bekerja secara kolaboratif baik dengan guru bidang studi dan  dengan guru di luar bidang studi, bahkan dengan masyarakat.

 

Sumber Bacaan:

Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States? Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1 /lesson_lewis.htm

Richardson, J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction. National Staff Development Council. (Online):http://www.nsdc.org 03/05/06.

* Widyaiswara Pusdiklat Tenaga TeknisPendidikan dan Keagamaan Kemenag RI

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI