Kepulauan Mentawai Sumbar Jadi Lokus Surnas Indeks KUB 2024

21 Mar 2024
Kepulauan Mentawai Sumbar Jadi Lokus Surnas Indeks KUB 2024
Para pembalap Surnas KUB 2024 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, berpose bersama usai coaching enumerator di Kantor Kemenag Mentawai.

Mentawai (Balitbang Diklat)---Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat, menjadi salah satu lokus Survei Nasional Indeks Kerukunan Umat Beragama (Surnas KUB) 2024. Bersama Kota Padang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Pariaman, Mentawai terpilih untuk pertama kalinya sebagai titik lokasi Surnas KUB 2024.

 

Sebagai daerah yang berada di kawasan Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T), Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama 62 daerah tertinggal lainnya yang ditetapkan sebagai Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 melalui Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2020.

 

Kasubag TU Kemenag Kabupaten Kepulauan Mentawai, Zulfitri Adek, dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balitbang Diklat Kemenag RI karena Mentawai terpilih menjadi salah satu lokus dalam Surnas KUB 2024 ini.

 

“Tentu bersyukur kami mendapat kesempatan menjadi titik lokasi Surnas KUB 2024, sehingga para penyuluh kami bisa mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini,” kata Adek pada saat coaching pembalap (pembantu lapangan) atau enumerator di Kantor Kemenag Mentawai di Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (20/3/2024).

 

Pria asal Padang ini berharap, tahun depan Kemenag Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali mendapat kepercayaan mengikuti Surnas KUB 2024 yang telah digelar beberapa tahun belakangan.

 

“Kami berharap terpilihnya Kabupaten Kepulauan Mentawai ini ke depan bisa menjadi awal yang baik agar daerah kami ini lebih mendapat perhatian dari pusat. Sebab, dari sisi geografis kami yang berada di 3T ini perlu perhatian khusus, seperti moda transportasi laut yang belum sepenuhnya menjangkau seluruh wilayah kami,” ungkapnya.

 

Sesuai rumus acak yang telah ditetapkan Korpus (koordinator pusat) Surnas KUB 2024, di Mentawai terpilih 10 desa yang tersebar di 9 kecamatan. Dalam coaching diketahui bahwa 9 kecamatan itu terpisah di tiga pulau. Pertama, Pulau Sipora. Kedua, Pulau Pagai. Ketiga, Pulau Siberut.

 

Berikut ini para pembalap (pembantu lapangan) Surnas KUB 2024 di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan lokus desanya:

 

1.      Abdullah Sani (Desa Sipora Jaya, Sipora Utara)

2.      Ahmad Zainudin (Desa Nemnemleleu, Kecamatan Sipora Selatan)

3.      Bayu Pringadi (Sigapokna, Siberut Barat)

4.      Muhammad Tas'alni (Sikakap, Sikakap)

5.      Paskalis Riswanto Halawa (Betumonga, Sipora Utara)

 

6.      Rifqul Afif (Desa Mara, Kecamatan Sipora Selatan)

7.      Rolina Hutabarat (Bukit Pamewa, Sipora Utara)

8.      Seldiono Susanto (Sirilogui, Siberut Utara)

9.      Syamsurizal (Silabu, Pagai Utara)  

10.    Zulmaidi (Saumanganya, Pagai Utara)

 

Sebelumnya, Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALAK) Balitbang Diklat, M Arfi Hatim, menyampaikan bahwa proses pengambilan data akan berlangsung selama 17 hari. Terhitung mulai 18 Maret hingga 3 April 2024.

 

“Saya minta laporan maksimal pada Rabu, 3 April 2024,” pungkas Arfi. \

(Ova/diad/Sr)

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Sumber: Ova
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI