Kerja Sama Pelatihan Fungsional Pranata Komputer

28 Sep 2022
Kerja Sama Pelatihan Fungsional Pranata Komputer

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bekerjasama dengan Pusdiklat Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Pelatihan Fungsional Pranata Komputer (Prakom) Keahlian Angkatan I dan II.

Di awal pembukaan, Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi'i mengatakan bahwa  kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerjasama, karena BPS merupakan instansi pembina jabatan fungsional pranata komputer.

“Terima kasih kepada Pusdiklat BPS atas terselenggaranya kerjasama ini. Sebagai instansi pembina jabatan fungsional Prakom, BPS memang mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan pembinaan peningkatan kompetensi para prakom dimana pun mereka berada termasuk prakom yang bekerja di bawah instansi Kementerian Agama,” katanya secara virtual di aula KH. Wahid Hasyim Gedung 5 lt 1 Pusdiklat Tenaga Administrasi, Rabu (28/9/2022).

Syafi'i berpesan kepada peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi, karena ini adalah awal mula pembinaan kepada mereka untuk mengembangkan keahliannya dan meniti karir sebagai pejabat fungsional Prakom.

Pelatihan difasilitasi oleh Pusdiklat BPS melalui pembelajaran dengan metode Blended Learning memanfaatkan Learning Management System (LMS) Warung Kompetensi Pusdiklat BPS sesuai surat Kepala Pusdiklat BPS nomor B-384/02600/DL.230/06/2022 tanggal 20 Juni.

“Ini adalah salah satu bukti teknologi informasi yang menggunakan perangkat komputer itu sedemikian penting di segala sektor kehidupan. Sebagai seorang Prakom, saudara bekerja pada era dimana hampir setiap orang mengandalkan teknologi informasi. Semua sektor kehidupan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, entertainment bahkan beribadah sekarang ini tidak lepas dari teknologi informasi,” lanjutnya.

Pelatihan Fungsional Pranata Komputer Keahlian dilaksanakan sebanyak dua angkatan. Angkatan I dilaksanakan tanggal 19 September s.d 4 November 2022. Sedangkan angkatan II  dilaksanakan tanggal dilaksanakan tanggal 10 Oktober s.d. 25 November 2022.

Peserta dari tiap-tiap angkatan berjumlah 40 (empat puluh) orang, terdiri dari JFT Pranata Komputer pada Kementerian Agama Pusat, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Balai Diklat Keagamaan dan PTKN. Hadir secara virtual pada pembukaan ini Kepala Pusdiklat Badan Pusat Statistik Eni Lestariningsih dan para pejabat struktural dan fungsional.[]

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI