KESIAPAN GPAI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

7 Mei 2007
KESIAPAN GPAI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KESIAPAN GPAI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penyusun : Tim Peneliti
96 halaman

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan
Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan
Departemen Agama RI, Tahun 2005

 

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pendidikan agama merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan (kompetensi) melakukan tugas-­tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasil proses pembelajaran pendidikan agama dapat dirasakan oleh siswa. Mengingat KBK baru dilaksanakan mulai tahun ajaran 2004/2005, maka masalah mendasar adalah apakah pihak-­pihak yang terkait dengan pelaksanaannya, terutama guru sudah memahami konsep KBK. Pengalaman menunjukkan bahwa pemahaman terhadap konsep sangat menentukan berbagai upaya yang dilakukan untuk menerapkan konsep tersebut. Pemahaman yang berbeda, terutama jika terjadi salah konsep akan menjadi sumber penyimpangan yang tidak diinginkan. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya penelitian ini.

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat pemahaman Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) tentang KBK; (2) mengetahui sikap GPAI terhadap KBK; (3) mengetahui tingkat penguasaan teknis GPAI dalam mempersiapkan rencana pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan prinsip KBK; dan (4) mengetahui kendala yang dihadapi GPAI dalam melaksanakan KBK. Hasil penelitan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi pihak yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung.

Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian yang diselenggarakan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan tahun anggaran 2005. Dari hasil penelitian tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan antara lain; Secara umum pemahaman guru PAI SMA terhadap KBK pada kategori cukup. Kendala yang masih dialami oleh para guru tersebut adalah pengetahuan tentang macam-macam metode pembelajaran bernuansa KBK dan cara pengaplikasiannya sesuai materi yang diberikan. Beberapa faktor yang menjadi kendala bagi GPAI SMA dalam menerapkan KBK, yaitu: belum semua guru PAI memperoleh kesempatan untuk mengikuti Diklat tentang KBK, belum adanya panduan yang jelas dan baku dari pemerintah pusat tentang rambu-rambu pelaksanaan KBK untuk SMA, dan umumnya sekolah menghadapi kekurangan berbagai fasilitas, sarana prasarana yang memadai untuk pelaksanaan KBK.***

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI