Knowledge Sharing Bersama Pustakawan BPPT di Perpustakaan Balitbang Diklat

4 Nov 2020
Knowledge Sharing Bersama Pustakawan BPPT di Perpustakaan Balitbang Diklat

Jakarta (3 November 2020). Pustakawan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat di Jakarta, Selasa (03/11). Mereka adalah Suci Wulandari dan Jainudin.

Meskipun gedung berdampingan, ternyata kesibukan di instansi masing-masing membuat para pustakawan dari kedua instansi ini tidak dapat saling bersilaturahim secara leluasa. Terlebih pada masa pandemi Covid-19. Maka pertemuan rekan sejawat sesama pustakawan menjadi spesial mengingat langkanya momen seperti ini.

Perpustakaan BPPT berada di  Pusat Manajemen Informasi, Bidang Manajemen Pengetahuan dan Perpustakaan. Kali ini kunjungan Pustakawan BPPT untuk  berbagi pengetahuan tentang banyak hal,  diantaranya mengenai SDM perpustakaan dan pengelolaan kliping digital perpustakaan.

Pada perbincangan awal, diskusi hangat tentang bagaimana pustakawan membuat SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dengan butir kegiatan sesuai Juknis Pustakawan beserta target–target yang harus dicapai. Kemudian diskusi dilanjutkan dengan perbincangan megenai pembuatan kliping digital perpustakaan. Tema ini menjadi pokok diskusi karena keingintahuan mereka tentang pembuatan kliping digital di perpustakaan Balitbangdiklat.

Sejak Oktober 2019 hingga kini, perpustakaan Balitbang Diklat memposting paket informasi yang current  dalam bentuk file pdf ada hari kerja. File pdf ini berisi artikel di koran atau media masa nasional dari Republika, Kompas, Media Indonesia, dan Tempo tentang subjek-subjek keagamaan mulai dari Haji, Zakat, Wakaf, Pendidikan Keagamaan, dan lainnya. Paket informasi ini dikirimkan atau di posting ke berbagai WA grup termasuk di dalamnya grup pustakawan dari Kementerian/Lembaga yang bisa disebarkan kembali untuk masyarakat umum.

Kliping digital dapat diakses di website perpustakaan.kemenag.go.id dengan me-klik menu Kliping Digital yang mengarahkan pengguna ke google drive perpustakaaan yang berisi kliping digital perpustakaan dan daftar artikel. Tiada rotan akar pun jadi, meski tidak dengan aplikasi yang canggih tetapi informasi yang disebar ini dapat dibaca dengan cepat dan mudah, maka sementara hal itu sudah memadai. Diskusi dan penjelasan teknis terkait pembuatan kliping digital akhirnya tuntas saat jam makan siang tiba.

Menutup pertemuan, pustakawan BPPT menyatakan apresiasi terhadap Perpustakaan  Balitbang Diklat yang telah bersedia berdiskusi dan menerima kunjungan. “Pertemuan ini sangat bermanfaat. Semoga lain waktu, kita bisa lanjutkan dengan tema-tema diskusi lainnya. Semoga pertemuan ini bermanfaat, memajukan perpustakaan dan kinerja di instansi masing-masing,” ujar Suci sesaat sebelum meninggalkan perpustakaan.

HAR/diad

Foto: HAR

Penulis: Hariyah
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI