Kutu Buku pada Ajang Pameran Produk Akademik

2 Des 2022
Kutu Buku pada Ajang Pameran Produk Akademik

Bandung (Balitbang Diklat)---Sebagai salah satu bentuk promosi dan diseminasi produk akademik, Perpustakaan Balitbangdiklat Kemenag RI @perpuskemenagri bekerja sama dengan Perpustakaan Universitas Pendidkan Indonesia (UPI) @perpustakaan_upi menggelar Pameran Produk Akademik dan Kutu Buku (Kupas Tuntang tentang Buku). Kegiatan berlangsung di hall Perpustakaan UPI Bandung pada 30 Novemver 2022.

Kutu Buku merupakan sebuah kegiatan yang mengupas secara tuntas, menarik dan mendalam tentang sebuah buku. Dinamika melalui diskusi dan tanya jawab terkait buku yang dibahas memberikan banyak insight dan wawasan baru. Melalui kegiatan ini, selain menambah pengetahuan, tentunya membudayakan kegemaran membaca, membaca kritis, berani menyampaikan pendapat, dan tentu saja menjadi gerakan literasi yang bagus.

@perpuskemenagri pada kesempatan kali ini memamerkan produk akademik yang dimiliki kepada sivitas akademika UPI. Selain membagikan buku secara cuma-cuma, juga tersedia souvenir menarik yang diberikan kepada pengunjung yang beruntung. Selain hal ini menjadi daya tarik dan kreativitas stan untuk menarik pengunjung, juga terdapat  games yang atraktif dan menyenangkan seputar Kementerian Agama. Tampilan dan design stan yang ditata dari pihak UPI cukup minimalis tetapi modern.

Pameran produk akademik dan Kutu Buku disebarkan melalui media sosial instagram masing-masing perpustakaan. Pengunjung pameran yang terdiri dari para mahasiswa and beberapa dosen di lingkungan UPI mengapresiasi acara ini dengan menyebarkan kepada rekan-rekan mereka untuk datang ke perpustakaan.

@perpuskemenagri membuka stan pameran karya inovasi ilmiah, hasil penelitian, jurnal, bunga rampai dan koleksi-koleksi tentang keagamaan. Satu paket produk unggulan yang sering dipamerkan termasuk pada pameran kali ini adalah buku Moderasi Beragama, Direktori Aliran/Paham Keagamaan, Kamus Istilah Keagamaan, Terjemahan Al-Qur’an Bahasa Daerah, Al-Quran Braille, dan Fikih Braille  menjadi produk lembaga yang mencuri antusisme pengunjung.  Mereka sangat bersemangat mendapatkan apa saja dari stan khususnya buku-buku yang dapat menjadi rujukan mereka sesuai peminatan dan juga terkait literasi keagamaan.

Melalui kegiatan Pameran Produk Akademik, @perpuskemenagri bertujuan mempromosikan khazanah intelektual lembaga sekaligus juga mendonasikan buku kepada pengunjung. Tentu saja hal ini mampu mendekatkan lembaga kepada masyarakat, menguatkan eksistensi dan memberikan kebermanfaatan yang luas kepada masyarakat.

Ratusan buku yang diberikan kepada pengunjung semoga mampu meningkatkan budaya baca sekaligus melek literasi keagamaan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan taraf pengetahuan dan pemahaman serta kesejahteraan masyarakat dalam bersikap dan mengambil keputusan serta meningkatkan keilmuan secara spesifik dan umum.

Acara yang mendapat sambutan baik dari Kadiv, Kepala  dan segenap pustakawan Perpustakaan UPI menjadi awal kerjasama yang baik antara kedua perpustakaan pada masa mendatang.

“Wah saya mau buku ini, nih. Buat bahan referensi skripsi saya,” ujar Devi Ratnasari, seorang mahasiswa.

“Boleh nggak, Pak, saya ambil dua buku. Menarik semuanya. Saya bingung pilih yang mana,” pinta Hani Afiah, seorang mahasiswa lainnya.

“Wah, saya ketinggalan. Saya kehabisan buku, deh,” sesal Dian Widyanti, salah seorang mahasiswa.

Seratus judul buku dengan 135 eksemplar dan sekitar 100-an orang mahasiswa menyambangi stan pameran. Kemeriahan acara pameran menjadi media dalam ikut menyukseskan dan mencapai tujuan lembaga mengikuti pameran. Pameran produk lembaga seperti ini, selain sebagai promosi dan diseminasi hasil-hasil kerja lembaga, juga menjadi ajang komunikasi dan perluasan jaringan untuk kebermanfaatkan produk lembaga secara luas.[]

HAR/diad

 

Penulis: Hariyah
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI