Lantik 29.069 PPPK, Menag Yaqut: Teruslah Bersyukur!

15 Agt 2023
Lantik 29.069 PPPK, Menag Yaqut: Teruslah Bersyukur!
Menag Yaqut Melantik dan menyampaikan SK PPPK Kementerian Agama RI di Auditorium HM Rasyidi Kemenag Jl MH Thamrin No 6 Jakarta, Selasa (15/8/2023). (Foto: Biro HDI)

Jakarta (Balitbang Diklat)---Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) melantik 29.069 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kementerian Agama. Gus Yaqut berpesan agar para PPPK terus bersyukur.

Pasalnya, apa yang diterima hari ini merupakan jawaban dari doa dan penantian setelah sekian lama. Syukur ini sekaligus sebagai motivasi untuk para PPPK untuk terus memberikan pengabdian terbaik.

Menag Yaqut mengatakan hal tersebut usai melantik PPPK di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag Jl MH Thamrin No 6 Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2023).

“Bismillah dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, maka pada hari ini, Selasa, 15 Agustus 2023, saya Menag RI dengan ini secara resmi melantik Saudara, Saudari, menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Kemenag RI,” kata Menag.

GusMen, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa terima kasih berikutnya juga perlu diberikan kepada orang tua PPPK. Sebab, pengangkatan para pegawai ini merupakan jawaban dari doa para orang tua untuk anak-anaknya yang mengikuti tes PPPK beberapa waktu lalu.

“Saya berkeyakinan bahwa pengangkatan PPPK ini merupakan jawaban dari doa orang tua bapak-ibu sekalian. Berterima kasih kepada beliau jangan melalui pesan WA. Langsung telepon. Kalau bisa video call,” tegasnya.

Pria asal Rembang Jawa Tengah ini juga mengingatkan agar para pegawai PPPK juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia yang telah mengeluarkan kebijakan afirmasi kepada honorer.

“Berterima kasihlah kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kebijakan ini. Terima kasih ini penting kita sebagai anak buah presiden. Ungkapkan saja dengan cara masing-masing terima kasih itu kepada Bapak Presiden sehingga PPPK ini layak mendapatkan SK Pengangkatan,” ujarnya disambut aplaus hadirin.

Gus Yaqut yakin dan percaya bahwa PPPK yang dilantik akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan. “Semoga Allah Swt., Tuhan YME, bersama kita,” harapnya.

Pelantikan kolosal

Sekjen Kemenag Prof Nizar Ali dalam laporannya mengatakan bahwa penyampaian SK, pengambilan sumpah jabatan, dan pelantikan kali ini merupakan yang terbesar dan yang pertama yang disampaikan langsung oleh Menteri Agama.

“Total terdapat 29.069 peserta yang dinyatakan lulus seleksi pengangkatan PPPK Kemenag. Surat Keputusan Pengangkatan PPPK Kementerian Agama formasi tahun 2022 ini juga akan diserahkan serentak secara nasional pada hari ini,” tuturnya.

Prof Nizar mengatakan, jumlah itu dengan rincian sebagai berikut. Pertama, guru 16.972 orang. Kedua, dosen 797 orang. Ketiga, penghulu 951 orang. Keempat, penyuluh agama 9.295 orang.

“Kelima, jabatan fungsional teknis 1.054 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, baik pada satker pusat maupun daerah,” papar Sekjen. (Ova/bas/sri)

   

 

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI