Library Festival, Ajang Edukatif Perkuat Literasi Digital

31 Mei 2024
Library Festival, Ajang Edukatif Perkuat Literasi Digital
Pengunjung pameran produk akademik pada acara Library Festival di UIN Syarif Hidayatullah.

Ciputat (Balitbang Diklat)---Perpustakaan Kemenag RI Badan Litbang dan Diklat bekerja sama dengan UPT Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang menggelar pameran produk akademik pada acara Library Festival yang berlangsung 27-31 Mei 2024.  Festival mengusung tema “Aku, Kamu dan Perpustakaan menjadi Kita di Era Digital”. Sebuah tema yang mengajak elobarasi lintas generasi dalam memanfaatan teknologi digital untuk memperkuat keterampilan dan literasi digital.

 

Festival ini selain menggelar pameran perpustakaan dan buku yang diikuti oleh beberapa penerbit besar, juga serangkaian acara lainnya yang berlangsung selama lima hari. Serangkaian acara tersebut berupa seminar, workshop, meet & greet dengan penulis, dan talklibs with professor. Kegiatan yang berlangsung di perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah itu tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dan dosen tetapi juga diminati masyarakat umum. 

 

Salah seorang masyarakat umum, Khaerul Umam sangat terkejut dan tidak menyangka bahwa buku-buku yang sedang dibacanya dapat diperoleh secara gratis. “Ini beneran gratis, Kak? Bukan untuk mahasiswa UIN Jakarta saja?,” seru Khaerul dengan mata berbinar.

 

“Asyik nih, dapat buku Modul Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin,” celoteh Luthfi Permana salah seorang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah.

 

Kepala Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Agus Rifa’i mengapresiasi partisipasi tim Perpustakaan Kemenag RI dalam acara Library Festival. Sebuah rangkaian acara  yang juga sekaligus memperingati hari jadi UIN Syarif Hidayatullah. “Terima kasih telah meramaikan pameran, ya. Stannya banyak pengunjungnya,” puji Agus.

 

Library Festival yang diikuti Perpustakaan Kemenag RI menggelar serangkaian produk akademik lembaga yang cukup diminati masyarakat. Tidak hanya dipamerkan secara fisik, produk lembaga tersebut juga tersedia secara digital. Perpustakaan menyediakan Mora Digilib, platform yang dirancang pemustaka untuk memudahkan ke sumber informasi digital denggan akses yang tak terbatas waktu dan tempat.

 

Pada kesempatan kali ini, dipamerkan beberapa buku unggulan seperti Ensiklopedi Pemuka Agama Nusantara, Kamus Istilah Keagamaan, Direktori Pahan dan Aliran Keagamaan, Terjemah Quran Bahasa Daerah, dan Al-Qur’an Braille. Dan, tak kalah menariknya yaitu selalu ada doorprize untuk pengunjung yang beruntung mendapatkan souvenir.  Komunitasi interaktif pun terjalin melalui games online, yang semakin menambah semaraknya gelaran Library Festival.

 

Perpustakaan Kemenag RI seiring dengan harapan yang ingin dicapai peprustakaan UIN Syarif Hidayatullah, bersama-sama berkomitmen mewujudkan perpustakaan sebagai pusat informasi yang modern dan aksesibel bagi kalangan akademisi dan masyarakat luas.

 

Dengan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan literasi, Library Festival 2024 diharapkan dapat menjadi memontum penting bagi transformasi digital perpustakan.

(HAR/diad)

 

Penulis: Hariyah
Sumber: Perpustakaan
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI