Literasi Keagamaan Hadir pada Rakernas BKM

10 Nov 2023
Literasi Keagamaan Hadir pada Rakernas BKM
Peserta Rakernas BKM mengunjungi stan Perpustakaan Kementerian Agama di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Perpustakaan Balitbang Diklat Kementerian Agama ikut berpartisipasi dalam acara rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama. Tujuan pertemuan ini adalah untuk membicarakan kebijakan, inisiatif, dan proyek yang akan dikerjakan Badan Kesejahteraan Masjid untuk memajukan pengembangan dan kesejahteraan masjid di seluruh daerah di Indonesia.

Rangkaian kegiatan pameran buku, tak ketinggalan diikuti Perpustakaan Kementerian Agama yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, 8-10 November 2023. Partisipasi Perpustakaan dalam event ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan literasi dan pengetahuan di kalangan peserta Rakernas dan masyarakat pada umumnya.

Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama turut hadir dalam acara ini. Dalam sambutannya Yaqut memberikan arahan, motivasi, dan dukungan kebijakan yang diperlukan untuk memajukan peran masjid dalam masyarakat.

“Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki jumlah rumah ibadah yang sangat besar dengan beragam topologinya. Hanya saja, pada faktanya, selain beberapa masjid yang telah terkelola dengan baik dan memiliki beberapa unggulan, juga masih terdapat  sebagian besar masjid kita yang masih belum terkelola secara profesional. Cara pandang ekosistem masjidnya juga masih banyak yang bermasalah dan belum cukup berdaya,” ujar Yaqut.

Yaqut menekankan para jemaah dan pengurus masjid untuk melakukan tata kelola masjid dengan baik. “Pentingnya menjaga lingkungan masjid sebagai tempat ibadah yang bersih dan nyaman, serta aktif dalam mendukung program-program pemerintahan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui masjid,” tambahnya.

Melalui pameran buku yang didiseminasikan kepada peserta Rakernas BKM, harapannya dapat memberikan akses kepada jemaah untuk menjelajahi berbagai ilmu pengetahuan agama, pendidikan, dan inspirasi. Pameran buku ini juga dapat dijadikan acara yang mendukung rangkaian kegiatan keagamaan atau sosial yang diadakan Badan Kesejahteraan Masjid. (Danti/Har/sri)

 

Penulis: Danti
Sumber: Danti
Editor: Hariyah dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI