LPMQ Tingkatkan Kualitas Layanan Al-Qur'an dan Aksesibilitas untuk Semua Kalangan

21 Mar 2024
LPMQ Tingkatkan Kualitas Layanan Al-Qur'an dan Aksesibilitas untuk Semua Kalangan
Kunjungan tim Humas Balitbang Diklat ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. Sesuai tugas dan fungsinya, LPMQ terus memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga kesahihan Al-Qur'an, produk hasil kajian Al-Qur’an, dan peningkatan aksesibilitas Al-Qur'an bagi semua individu.

 

Menurut Humas LPMQ, Bagus Purnomo, LPMQ telah meraih sejumlah pencapaian yang luar biasa, menunjukkan komitmennya terhadap layanan pentashihan dan kualitas produk hasil kajian Al-Qur'an. Dalam layanan pentashihan, LPMQ telah menerima 139 pendaftaran master mushaf Al-Qur’an sepanjang 2023 lalu, yang setara dengan 12 mushaf setiap bulan.

 

“Tak hanya itu, LPMQ juga telah mengeluarkan 288 surat tanda Tashih dan Izin edar setiap bulan, menegaskan pentingnya pengawasan terhadap proses penerbitan, percetakan, dan peredaran Al-Qur'an,” ujar Bagus di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

 

Pentingnya akses bagi penyandang disabilitas juga menjadi fokus utama LPMQ. Pada 2023, berhasil menyelesaikan penyusunan Qur'an isyarat untuk teman-teman tuli. Mushaf Al-Qur'an Isyarat 30 juz telah berhasil dicetak dan siap diedarkan, lengkap dengan Kamus Kosakata Isyarat untuk memudahkan pengguna. 

 

“Keistimewaan lainnya, kamus ini dilengkapi dengan barcode yang dapat discan untuk mengakses video di channel YouTube Lajnah Kementerian Agama,” tutur Bagus.

 

Produk-produk hasil kajian Al-Qur'an yang terbaru juga telah melahirkan berbagai buku yang informatif dan relevan, seperti "Tanya Jawab Moderasi Beragama", "Penguatan Moderasi Beragama dalam Perspektif Al-Qur’an", dan tafsir ayat kauniyah dengan judul “Samudera”. Buku tafsir ayat kauniyah ini akan dialihbahasakan ke dalam bahasa Melayu guna menjangkau pembaca di negara-negara ASEAN.

 

Sementara itu, berbagai kajian Al-Qur'an yang telah dimulai sejak 2023 masih terus berlangsung. Termasuk di antaranya adalah penyusunan Terjemahan Al-Qur'an Perkata, Sejarah Terjemahan Al-Qur'an Kemenag, Buku Nama-nama Surah Al-Qur’an, dan Mushaf Al-Quran Riwayat Warsy.

 

Dengan berbagai prestasi dan inisiatifnya, LPMQ terus menjadi pilar utama dalam memastikan kesahihan teks Al-Qur'an, kualitas produk hasil kajian Al-Qur’an, sambil memastikan bahwa akses terhadap kitab suci Al-Qur’an tetap merata bagi semua lapisan masyarakat. 

 

Pantau terus berita kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan terbaru dari LPMQ. (Barjah/bas/sri)

 

 

Sumber: Bagus Purnomo

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Bagus Purnomo
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI