Matangkan Outlook Kemenag 2024, Balitbang Diklat Roadshow ke BPJPH

12 Jan 2024
Matangkan Outlook Kemenag 2024, Balitbang Diklat Roadshow ke BPJPH
Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) HM Arfi Hatim (kiri dari posisi kanan) ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam rangka diskusi perumusan Outlook Kementerian Agama Tahun 2024, Jumat (12/1/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Balitbang Diklat Kementerian Agama menerjunkan tim yang dipimpin Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) HM Arfi Hatim ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dengan agenda perumusan Outlook Kementerian Agama Tahun 2024 pada Jumat (12/1/2024).

 

Di kantor itu Kapus Arfi disambut para pejabat Eselon 2 dan sejumlah pegawai. Mereka antusias salah satunya karena Arfi Hatim merupakan Sekretaris BPJPH pada zamannya.

 

Para pejabat Eselon 2 itu adalah Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Hj Siti Aminah, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (Binwas JPH) Dzikro, dan Kepala Pusat Layanan Kerja Sama dan Standardisasi Halal H Abdus Syakur.

 

Arfi Hatim mengatakan, Balitbang Diklat telah menggelar rapat sejak Senin hingga Jumat. Rapat tersebut terus dijadwalkan hingga Senin mendatang dalam rangka ‘belanja masalah’, mengumpulkan bahan, dan merumuskan Outlook Kementerian Agama tahun 2024 yang akan dibahas dalam Rakernas Kemenag.

 

“Kami sudah melakukan roadshow ke sejumlah unit Eselon 1. Hari ini tim kami ke Setjen dan Ditjen PHU. Kemarin juga sudah FGD dengan Bimas Kristen, Bimas Katolik, Bimas Budha, Bimas Hindu, dan Pusbimdik Konghucu,” kata Arfi.

 

Dalam kesempatan tersebut, pria asal Makassar Sulsel ini mengingatkan kembali bahwa outlook Kemenag merupakan pandangan, ramalan yang mungkin terjadi, dan harapan di masa mendatang bagi instansi.

 

“Secara istilah outlook dapat diartikan sebagai harapan yang akan dituju oleh subjek terhadap objek dengan memperhatikan tantangan yang ada. Jadi, ini semacam teropong bagi program kinerja kita,” terangnya.

 

“Jadi, sekali lagi kami silaturahmi ke sini dalam rangka melibatkan teman-teman BPJPH untuk menyumbang bahan agar Outlook Kemenag 2024 segera bisa diolah tim Balitbang,” sambung Arfi Hatim.

 

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Siti Aminah yang memoderatori FGD menyambut baik kunjungan tim Balitbang Diklat. Pihaknya siap menjawab pertanyaan tim demi memuluskan upaya menyiapkan bahan Outlook Kemenag RI.

 

“Terima kasih atas paparan Mas Alfon yang sangat jelas dalam memotret BPJPH di dunia maya. Semoga ini menjadi penyemangat bagi kami agar terus meningkatkan layanan bagi masyarakat,” kata Aminah, sapaan akrabnya.

 

Stafsus TA Menag Mahmud Syaltout, Alfon, sebelumnya memaparkan hasil riset terkait pemberitaan BPJPH di sejumlah media, baik cetak, online, maupun medsos. Turut hadir tim Balitbang Diklat terdiri dari para Analis Kebijakan, yakni Haris Burhani, Agus Mulyono, Ali Musthofa Asrori, dan Maudy Mishfanny. (Ova/bas/sri)

   

 

Penulis: Musthofa Asrori
Sumber: Ova
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI