Menag Lantik Eselon I dan II: Integritas Moral, Kunci Sukses Reformasi Birokrasi

25 Mar 2012
Menag Lantik Eselon I dan II: Integritas Moral, Kunci Sukses Reformasi Birokrasi

Jakarta (Pinmas)-- Persoalan integritas moral sangat penting, karena itulah yang menentukan sukses tidaknya reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Agama. Pernyataan ini ditegaskan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali ketika melantik 6 pejabat Eselon I, dan 10 pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Agama di Gedung Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta (Rabu, 25/4).

Menurut Menag, jabatan adalah amanah yang akan dipertanggungjwabkan. Karenanya, pejabat tidak cukup hanya memiliki kemampuan intelektual dan manajerial, tetapi juga integritas moral. Profesionalitas manajerial bisa ditingkatkan melalui proses pendidikan dan pengalaman, sedang integritas moral tidak. "Jika integritas moral bermasalah, maka tidak mudah untuk merehabilitasinya," ujarnya.

 

Menag berharap semua pejabat dan aparatur Kementerian Agama dapat mengerahkan segenap upaya dan pemikiran untuk menyukseskan program strategis Kementerian Agama sesuai dengan lingkup tugas masing-masing, yaitu peningkatan kualitas umat beragama, pengembangan pendidikan agama dan keagamaan, kerukunan umat beragama, penyelenggaraan ibadah haji, dan tata kelola organisasi yang baik (good governance).

Mutasi dan promosi pejabat merupakan hal biasa dan dilakukan sebagai upaya melakukan penguatan fungsi organisasi agar lebih dinamis, responsif terhadap trend perubahan tuntutan masyarakat, mendorong peningkatan kinerja individu dan organisasi, serta dalam rangka regenerasi sumber daya manusia secara sehat di lingkungan Kementerian Agama.
Pejabat Eselon I yang dilantik pada hari ini adalah Prof. Dr. Abdul Djamil, MA sebagai Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr. H. Machasin sebagai Kepala Balitbang dan Diklat, Prof. Dr. Nanat Fatah Natsir, MS sebagai Staf Ahli Bidang Kehidupan Beragama, Drs. H. Abdul Fatah sebagai Staf Ahli Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama.Drs. H. A. Rahman TB, MA, sebagai Staf Ahli Bidang Lembaga Sosial Keagamaan, dan Prof. Dr. H. Amin Abdullah, MA, sebagai Staf Ahli Bidang Kependidikan.

Adapun Pejabat Eselon II yang dilantik adalah Drs. Hilmy Muhammadiyah, M.Si, sebagai Inspektur Wilayah 2 Inspektorat Jenderal, Prof. Dr. H. Achmad Gunaryo, M.Soc, SC, sebagai Kepala Pusat Kerukunan antar Umat Beragama, Drs. Agustinus Tungga Gempa sebagai Sekretaris Ditjen Bimas Katholik, Sihar Petrus Simbolon, S.Th, MM, sebagai Direktur Pendidikan Katholik Ditjen Bimas Katholik, Yan Kristianus K, SE, MM, sebagai Direktur Pendidikan Kristen pada Bimas Kristen, H. Suardi Abas, SH, M.Hum, sebagai Kakanwil Bengkulu, Drs. Eusabius Bensasi, sebagai Kakanwil NTT, Dr. H. Budi Kisworo, M.Ag, sebagai Ketuai STAIN Curug (2012-2016), Prof. Dr. Abustani Ilyas, M.Ag, sebagai Ketua STAIN Sorong, (2012-2016), Dr. Agusthina Kristina Kakiay, S.Ag, M.Si, sebagai Ketua STAKN Tanah Toraja. (mkd)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI