Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Menag Mendukung Dialog Budaya Keagamaan 2021 di Cirebon

Menag Mendukung Dialog Budaya Keagamaan 2021 di Cirebon

Selasa, 22 Juni 2021
Kategori : Berita
26 kali dibaca

Jakarta (22 Juni 2021). Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama akan menggelar Dialog Budaya Keagamaan dengan tema "Kesultanan Nusantara dan Moderasi Beragama". Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO), IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat.

Sebagai persiapan, Kepala Balitbang Diklat Achmad Gunaryo, Kapuslitbang LKKMO Arskal Salim GP, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sumata Hasyim, dan Kakanwil Kemenag Jawa Barat Adib beraudiensi kepada Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas guna melaporkan persiapan kegiatan. Pada kesempatan itu, para pimpinan menyampaikan permohonan kesediaan Menag untuk hadir pada kegiatan tersebut.

Kegiatan bertujuan melestarikan khazanah budaya dan keagamaan di kota budaya Cirebon. Selain itu, merupakan bentuk partisipasi kesultanan Nusantara dalam mendukung moderasi beragama di Indonesia.

Menag mendukung dialog budaya ini karena dapat memberikan wawasan mengenai harmonisasi akulturasi budaya dan agama di Nusantara. "Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena menambah wawasan bagaimana akulturasi budaya dan agama dapat berjalan harmonis di Indonesia,” tutur Menag di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Dialog Budaya Keagamaan ini akan menampilkan pembicara dari berbagai sumber seperti Kementerian Agama, Akademisi, Budayawan, dan Forum Kesultanan Nusantara.

Pada momen itu pula, Puslitbang LKKMO akan menggelar Peluncuran Video Mini Seri dan Podcast Lektur yang dibuat berdasarkan produk hasil penelitian. Hal ini menjadi salah satu inovasi yang ditunggu oleh masyarakat untuk melihat publikasi hasil penelitian dikemas lebih kekinian dengan video mini seri dan podcast. []

diad/AR/diad

 


Sumber : Puslitbang LKKMO

Penulis : Dewindah

Editor : Rahmatillah Amin

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP