Mengenal Lebih Dekat Berbagai Produk dan layanan LPMQ untuk Penyandang Disabilitas

23 Mar 2024
Mengenal Lebih Dekat Berbagai Produk dan layanan LPMQ untuk Penyandang Disabilitas
Panduan Membaca Al-Qur’an Braille .

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI terus memperkuat komitmennya dalam memberikan akses kitab suci dan lektur keagamaan bagi penyandang disabilitas. 

 

Bagus Purnomo, Humas LPMQ, menjelaskan, "Kami berupaya keras untuk memenuhi hak keagamaan penyandang disabilitas dengan menyediakan produk layanan khusus yang mudah diakses sesuai kebutuhan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

 

Dalam rangka mendekatkan berbagai produk dan layanan unggulannya kepada masyarakat, LPMQ akan menghadirkan acara Qur'an for All, sebuah pameran, seminar, dan talkshow yang diadakan Balitbang Diklat Kementerian Agama, di Jakarta, pekan depan.

 

Produk-produk layanan khusus yang disediakan LPMQ untuk tunanetra meliputi Mushaf Al-Qur'an Braille 30 juz, Pedoman Membaca dan Menulis Al-Qur'an Braille, Terjemahan Al-Qur’an Braille 30 Juz, Panduan Membaca Al-Qur’an Braille (Iqra'na), layanan E-Pub bekerjasama dengan Yayasan Mitra Netra, dan Video Tutorial Membaca Al-Qur’an Braille di YouTube.

 

Sementara itu, untuk penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW), LPMQ menyediakan Al-Qur’an Isyarat 30 Juz, Panduan Belajar Membaca Al-Qur’an Isyarat, Pedoman Membaca Mushaf Al-Qur'an, Kamus Kosaisyarat Keislaman, serta Video Tutorial Membaca Al-Qur’an Isyarat, dan Pembelajaran Dasar-dasar Agama Islam dalam Bahasa Isyarat di YouTube.

 

Bagus menekankan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk terus menyempurnakan dan meningkatkan produk layanan agar dapat memberikan akses yang lebih luas, dan mudah bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan kebutuhan keagamaannya.

 

“Inisiatif LPMQ ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam memastikan hak keagamaan semua individu, termasuk penyandang disabilitas, terpenuhi dengan baik,” pungkasnya.

 

Tetap terhubung dengan kami untuk informasi lebih lanjut mengenai upaya-upaya LPMQ dalam mewujudkan inklusi keagamaan yang lebih baik. (Barjah/bas/sri)

 

 

Sumber: Bagus Purnomo

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Bagus Purnomo
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI