Menginspirasi! Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung Terima Apresiasi di Penghujung Tahun

25 Jan 2024
Menginspirasi!  Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung Terima Apresiasi di Penghujung Tahun
Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung .

Bandung (Balitbang Diklat)---Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung menutup tahun 2023 dengan prestasi membanggakan. Pejabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dalam acara Apresiasi Masjid, Pesantren, dan Ulama Jawa Barat (AMPU Jabar), memberikan anugerah kepada Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung yang diselenggarakan di Bandar Udara Internasional Kertajati beberapa waktu lalu.

 

Proses pencapaian prestasi ini dimulai pada Agustus 2023 saat Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Miftahul Ulum mendapatkan informasi tentang lomba apresiasi juara 2023 Jawa Barat kategori lembaga masjid kedinasan. Setelah melalui serangkaian tahapan, termasuk verifikasi peserta, kelengkapan peserta, penilaian juri, visitasi, dan penetapan juara, Masjid Miftahul Ulum berhasil meraih apresiasi tersebut.

 

Agus Achyar, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala BDK Bandung dan Pembina DKM Miftahul Ulum, mengucapkan rasa bangganya terhadap pencapaian ini. "Saya selaku Pembina DKM Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus DKM Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung dan seluruh pegawai BDK Bandung serta semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini,” ucapnya di Bandung, Kamis (25/1/2024).

 

Agus berharap prestasi ini akan meningkatkan kualitas tata kelola dan layanan masjid kepada jemaah. Ia juga menginginkan semangat optimalisasi fungsi masjid, seperti yang digencarkan Kementerian Agama, dapat terus ditingkatkan.

 

Ketua DKM Miftahul Ulum, Muaripin, menjelaskan bahwa perjalanan menuju apresiasi AMPU Jabar tidaklah mudah. "Sebelumnya belum ada izin masjid, sekarang sudah terdaftar ke Sistem Informasi Masjid (Simas). Seluruh persyaratan telah kami penuhi, seperti izin dari RT/RW, Kelurahan, Kecamatan. Kita juga aktif di media sosial untuk memublikasikan kegiatan masjid,” tuturnya.

 

"Dari sekian peserta yang mengikuti perlombaan, alhamdulillah DKM Masjid MU BDK Bandung dapat melalui semua tahapan tersebut dan akhirnya pada hari ini, Jumat 1 Desember 2023, mendapat apresiasi,” ungkap Muaripin.

 

Pencapaian ini bukan hanya sekadar prestasi, tetapi juga sebuah bukti bahwa lembaga kedinasan dapat berperan aktif dalam kebaikan dan pengawalan implementasi kebijakan di bidang kemasjidan. Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung juga aktif dalam kegiatan sosial, termasuk pemberian santunan kepada pegawai PNPM, Satpam, dan kegiatan qurban sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan jiwa sosial.

 

Dengan mendapatkan apresiasi dari AMPU Jabar, Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung berencana melakukan renovasi ringan dan penambahan fasilitas lainnya. Apresiasi tersebut juga akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memastikan keberlanjutan kualitas pelayanan masjid kepada masyarakat.

 

Prestasi Masjid Miftahul Ulum BDK Bandung menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan apresiasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan tata kelola masjid. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI