Meningkatkan Kualitas Pelatihan, Pusdiklat Administrasi Selenggarakan Sarasehan PKA dan Penyusunan Bank Soal

15 Feb 2024
Meningkatkan Kualitas Pelatihan, Pusdiklat Administrasi Selenggarakan Sarasehan PKA dan Penyusunan Bank Soal
Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nilam Nur Azizah pada kegiatan Sarasehan PKA Angkatan XVI dan Penyusunan Bank Soal Pelatihan Teknis Administrasi di Hotel Whiz Jaksel, Kamis (15/2/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nilam Nur Azizah didampingi Ketua Tim Kerja Penjaminan Mutu Pelatihan Siti Kusriyah dan Ketua Tim Kerja Penyusunan/Pengembangan Produk dan Konten Pelatihan Farida Ishak Indrawan buka sekaligus dua kegiatan fullday Sarasehan PKA Angkatan XVI dan Penyusunan Bank Soal Pelatihan Teknis Administrasi di Hotel Whiz Jaksel, Kamis (15/2/2024).

 

Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XVI yang tinggal menghitung hari, akan diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi setelah angkatan XV sudah mulai berjalan melalui  Massive Open Online Course (MOOC) dari 12 sampai 22 Februari 2024. Seperti dilakukan sebelumnya, penyelenggaraan PKA didahului kegiatan sarasehan. Kegiatan ini merupakan awal penyelenggaraan PKA dalam hal pemetaan jadwal dan pengajar/pengampu materi, penentuan lokus, dan fokus.

 

“Hal-hal yang masih banyak kekurangan dalam kualitas penyelenggaraan PKA tahun lalu, di angkatan ini harus segera diperbaiki,” ujar Nilam.

 

“Kerja sama dan kedisiplinan semua pihak dalam proses penyelenggaraan sangat dibutuhkan,” imbuhnya.  

 

Menurut Nilam, karena sarasehan PKA ini adalah kegiatan rutin sebelum PKA itu sendiri dimulai tetap harus dilakukan perubahan, perbaikan, dan pembaharuan dalam pelaksanaannya.

 

Untuk kegiatan Penyusunan Bank Soal Pelatihan, Nilam menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi widyaiswara dan tenaga diklat tentang evaluasi dan penyusunan instrumen tes atau soal pelatihan melalui MOOC. 

 

“Agar pelatihan berhasil, maka salah satu unsurnya adalah kelengkapan instrumen untuk mengevaluasi keberhasilan dari tiap-tiap mata diklat dalam materi inti. Sehingga disusun soal-soal yang diorganisir dalam bank soal,” tutur Nilam.

 

“Hasil evaluasi antar pelatihan dalam angkatan yang berbeda, diharapkan memperoleh hasil yang optimal dengan tersedianya instrumen soal yang bervariasi,” tandasnya.

 

“Tahun 2024 ini kita harus siap melaksanakan pelatihan MOOC dan semoga penyelenggaraan PKA yang merupakan program bersama ini berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Kegiatan fullday Sarasehan PKA Angkatan XVI dan Penyusunan Bank Soal Pelatihan Teknis Administrasi dilaksanakan di Hotel Whiz Jakarta Selatan dari 15 sampai 16 Februari 2024.

 

Peserta sarasehan PKA terdiri dari 23 orang  Pusdiklat Tenaga Administrasi dan satu orang dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSDATIN) Kemendikbud. Sementara peserta Penyusunan Bank Soal Pelatihan Teknis Administrasi berasal dari Pusdiklat Tenaga Administrasi, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, GTK, Dirjen Pendis Kemenag, MAN 4 Jaksel, MTsN Tangsel, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

 

Hadir sebagai narasumber Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Dr. Basseng M.Ed, dan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN Dr. Giri Saptoaji, S.S., M.A. (RS/bas/sri)

   

 

Penulis: Rahmi
Sumber: Rahmi
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI