Menjadi Kampus Unggul Bereputasi Internasional, UIN Malang Gandeng Pusdiklat Tenaga Administrasi Selenggarakan Pelatihan KTI

28 Feb 2023
Menjadi Kampus Unggul Bereputasi Internasional, UIN Malang Gandeng Pusdiklat Tenaga Administrasi Selenggarakan Pelatihan KTI

Malang (Balitbang Diklat)--- Pelatihan Peningkatan Kompetensi Menulis Karya ilmiah sangat dibutuhkan para tenaga fungsional di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang untuk mendorong kemajuan lembaga menjadi kampus unggul bereputasi internasional.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor UIN Malang Zainudin saat membuka Pelatihan Karya Tulis Ilmiah kerjasama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama di Gedung Rektorat kampus I Malang, Senin (27/2/2023).

“Kesempatan untuk dapat melakukan penelitian haruslah diberikan, selain dapat mendorong kemajuan lembaga, melakukan riset ataupun penelitian juga akan meningkatkan skill dan wawasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” kata Zainudin.

“Ikuti pelatihan ini dengan sebaik – baiknya, gali ilmu pengetahuan  dari para narasumber karena tidak semua UIN mendapatkan kesempatan menyelenggarakan pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini,” pesannya.

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i atas kerja samanya menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang sudah kedua kalinya ini.

Mewakili Pusdiklat Tenaga Administrasi, Deden Wahyudin melaporkan pelatihan akan berlangsung dari 27 Februari s.d 3 Maret 2023 di Gedung Rektorat Kampus I Malang dan diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari jabatan fungsional di lingkungan UIN Malang.

Deden mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk membekali aparatur agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menulis karya tulis ilmiah sesuai dengan kompetensi yang telah dipersyaratkan.

“Peserta akan dibekali berbagai materi pelatihan seperti Dasar-dasar penulisan KTI, Penelusuran Informasi Ilmiah dan Manajemen Referensi, Teknik Penyusunan KTI dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Deden mengatakan di akhir pelatihan peserta akan memaparkan hasil tulisannya yang akan diuji oleh Tim Evaluator sebanyak tiga orang dengan dibagi menjadi tiga kelompok

Harapannya output kegiatan ini dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dijadikan bahan tulisan pada Jurnal yang dikelola oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi. Tulisan-tulisan terbaik dari para peserta dapat dimuat di Jurnal Kompetensi milik Pusdiklat Tenaga Administrasi dan diberikan honor yang layak sesuai ketentuan,” tandasnya.

Untuk memotivasi peserta setelah sesi pembukaan Rektor membagikan buku secara gratis kepada seluruh peserta yang hadir. Buku tersebut merupakan kumpulan tulisannya di media Kompas dan Jawa Pos.

Pembukaan dihadiri juga oleh Kepala Biro Adminstrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Ahmad Hidayatullah.

Dewa/Rahmi/diad

Penulis: Deden Wahyudin
Editor: Rahmi Siregar/Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI