Menyentuh Langsung Masyarakat, Balitbang Diklat Selenggarakan Diseminasi Hasil Penelitian di IAIN Pekalongan

28 Okt 2019
Menyentuh Langsung Masyarakat, Balitbang Diklat Selenggarakan Diseminasi Hasil Penelitian di IAIN Pekalongan

Pekalongan (28 Oktober 2019). Kementerian Agama melalui Balitbang Diklat berupaya menjangkau langsung masyarakat. Salah satunya dengan menyelenggarakan pameran dan diseminasi hasil penelitan di IAIN Pekalongan.

Pernyataan tersebut diutarakan Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (Kapuslitbang BLAK) Muharam Marzuki ketika menyampaikan keynote speech pada gelaran Seminar Diseminasi Hasil Penelitian Indeks Kesalehan Sosial di IAIN Pekalongan, Senin (28/10).

“Ini membuktikan Kementerian Agama itu bukan hanya berada di pusat saja. Tapi bagaimana memberikan sentuhan kepada masyakarat secara langsung. Salah satunya melalui program diseminasi hasil penelitian,” ungkap Kapuslitbang BALK Muharam Marzuki

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan Ade Dedi Rohayana dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih dan sangat mengapresiasi acara tersebut. Ia juga berharap kerjasama antara Balitbang Diklat dengan IAIN Pekalongan dapat berlangsung berkelanjutan.

Pameran dan diseminasi hasil penelitian merupakan implementasi dari penandatanganan MoU kerjasama antara Balitbang Diklat dengan IAIN Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan hasil penelitian langsung di hadapan akademisi, terutama perguruan tinggi agama.

Tampil sebagai narasumber Raudhatul Ulum Peneliti Puslitbang BALK. Ia menjelaskan bahwa Survei Indeks Kesalehan Sosial 2019 (IKS) adalah tugas Balitbang Diklat untuk menghadirkan data pengukuran pada Indikator Kinerja Utama terkait misi pemahanan dan pengamalan ajaran agama. “Selain itu, penelitian ini juga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan kebijakan pembangunan bidang agama,” papar Ulum.

“Tidak kalah penting, Survei IKS 2019 sebagai kerja akademik diharapkan memberikan informasi dan data tentang kesalehan sosial masyarakat Indonesia,” lanjut Ulum.

Menurut Ulum, terdapat 5 dimensi yang diukur dalam survei IKS yaitu  kepedulian sosial, relasi antarmanusia (kebhinekaan), budi pekerti, pelestarian lingkungan, dan kepatuhan kepada negara.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Indeks Kesalehan Sosial secara nasional pada 2019 mencapai skor 83,58 termasuk kategori sangat baik.

Seminar dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Pada kesempatan ini, Wakil Rektor IAIN Pekalongan Muhlisin berharap dapat terus  menjalin kerjasama, khususnya dalam hal penelitian sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi.[]

Diad/diad

 

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI