Momen Penentuan Hasil Revisi 757 Buku Pendidikan Agama Berstatus Layak Minor

24 Jul 2024
Momen Penentuan Hasil Revisi 757 Buku Pendidikan Agama Berstatus Layak Minor
Kepala Puslitbang LKKMO Moh. Isom saat membuka kegiatan Sidang Konfirmasi Hasil Revisi Penilaian Buku Pendidikan Agama di Bogor, Senin (22/7/2024).

Bogor (Balitbang Diklat)---Berdasarkan laporan yang dinyatakan pada 22 Juli 2024, sebanyak 633 buku Pendidikan Agama telah diunggah hasil revisinya pada aplikasi Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA). Sebanyak 121 buku diajukan hak sanggahnya, dan 124 buku tidak diunggah revisinya dan juga tidak diajukan hak sanggahnya. Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Sidang Konfirmasi Hasil Revisi Penilaian Buku Pendidikan Agama di Bogor, 22-24 Juli 2024.

 

Sidang yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk mengonfirmasi hasil revisi yang disarankan para penilai, lalu dimediasi oleh supervisor dan hasilnya diteruskan kepada penerbit. Proses ini diharapkan dapat memastikan bahwa penerbit telah memperbaiki buku-buku sesuai dengan penilaian sebelumnya.

 

Dalam pembukaan, Kepala Puslitbang LKKMO Moh. Isom memberikan arahan kepada para supervisor dan penilai untuk memeriksa dengan cermat hasil revisi yang dilakukan penerbit. "Penilai dan supervisor harus memastikan bahwa revisi yang dilakukan penerbit sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," tegasnya, di Bogor, Senin (22/7/2024)

 

Jerry selaku Ketua Tim PBPA juga menekankan saat sidang berlangsung akan pentingnya partisipasi aktif para penilai dan supervisor dalam setiap tahap paparan hasil revisi buku. Para penilai diinstruksikan untuk menyalin catatan penilaian mereka ke dalam file word dan menyerahkannya kepada supervisor. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses dokumentasi dan verifikasi.

 

Mulyawan selaku Koordinator PBPA juga mengungkapkan bahwa sejumlah buku telah berhasil melewati tahap konfirmasi, sementara beberapa lainnya masih dalam proses karena berbagai alasan, termasuk penilaian yang belum lengkap atau membutuhkan revisi tambahan. "Alhamdulillah, hingga malam ini beberapa buku telah selesai konfirmasi. Namun, ada beberapa buku yang masih menunggu karena ada penilai yang belum menyelesaikan tugasnya," ujarnya.

 

Setelah kegiatan ini, akan dilakukan sidang penyelia untuk finalisasi hasil penilaian buku, yang selanjutnya didistribusikan ke penerbit. (Rheka Humanis/bas/sri)

 

 

Penulis: Rheka. H
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI