MOOC Pintar, Upaya Membangun Digital Awareness dan Digital Mindset Insan Kemenag

11 Jul 2024
MOOC Pintar, Upaya Membangun Digital Awareness dan Digital Mindset Insan Kemenag
Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Mastuki saat memberikan sambutan pada selebrasi 2nd Anniversary MOOC Pintar di Ciputat, Kamis (11/7/2024).

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat diberikan amanah oleh Kemenag untuk membangun digital awareness dan digital mindset. Dalam mengemban tugas tersebut terdapat beberapa tantangan internal maupun eksternal yang dihadapi.

 

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Mastuki mengatakan setiap orang dengan berbagai jabatan dan jenjang sedang menjalankan digital leadership atau kepemimpinan digital. Hal tersebut dipantik melalui salah satu program prioritas Kementerian Agama yaitu transformasi digital.

 

“Dengan adanya program prioritas tersebut, seluruh insan Kementerian Agama harus berada pada resonansi yang sama. Menjadikan transformasi digital sebagai budaya kerja bersama,” ujarnya  saat memberikan sambutan pada selebrasi 2nd Anniversary MOOC Pintar di Ciputat, Kamis (11/7/2024).

 

Menurut Mastuki, digital mindset perlu dibangun, dilakukan, dan disosialisasikan secara masif sekaligus diinstitusionalisasi. Sebab jika tidak dilembagakan, maka digital mindset hanya sebatas angan-angan.

 

“Pelembagaan digitalisasi dimulai sejak peluncuran Digital Learning Center oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tahun 2023. Momen ini menandakan Pusdiklat Tenaga Teknis menjadi lembaga yang berkomitmen untuk terus belajar membangun pembelajaran digital,” katanya.

 

MOOC Pintar yang dikembangkan sejak 2022 berhasil mencetak 30.168 peserta di tahun pertamanya. Jumlah tersebut mengalami fluktuasi dengan jangkauan hingga 1.332.907 peserta sepanjang tahun 2022-2024.

 

“Selain jumlah peserta yang banyak, MOOC Pintar juga terbukti mampu mengefisienkan anggaran pelatihan sebesar 7,4 triliun rupiah. Jika dikonversi dengan jumlah peserta pelatihan tatap muka, ini setara dengan 33.622 kelas,” urai Mastuki.

 

Kini MOOC Pintar telah memiliki empat puluh satu (41) jenis pelatihan, yang terdiri dari tiga puluh (30) jenis pelatihan pendidikan dan sebelas (11) pelatihan keagamaan.

 

Ke depan, lanjut Mastuki, pengembangan kompetensi di MOOC Pintar akan diperluas melalui fitur baru yang hadir secara kolaboratif. Jenis layanan tidak hanya pelatihan, tapi juga pengembangan kompetensi lainnya yang berbentuk klinik pengetahuan dan knowledge sharing.

 “Inovasi kelembagaan perlu kolaborasi dari berbagai pihak, sebab saat ini bukan lagi zamannya ego sektoral. Selain digital leadership, perlu juga membangun collaborative leadership untuk kemajuan lembaga,” pungkasnya.

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag Arskal Salim GP, Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Arfi Hatim, Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Tenaga Teknis Muhtadin, tim MOOC Pintar, serta pejabat fungsional di lingkungan Balitbang Diklat.

 

(diad/Sr)

Penulis: Dewi Indah Ayu D
Sumber: Pusdiklat Teknis
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI