Pameran Buku Perpustakaan Kemenag di UIN Lampung Disambut Antusias Ratusan Mahasiswa

22 Sep 2022
Pameran Buku Perpustakaan Kemenag di UIN Lampung Disambut Antusias Ratusan Mahasiswa
Kemeriahan pameran buku di Lampung

Bandar Lampung (Balitbang Diklat)---Pameran buku Perpustakaan Balitbang Diklat yang digelar di arena ekspose produk akademik di UIN Raden Intan Lampung disambut antusias ratusan mahasiswa. Mereka berduyun-duyun ke ballroom kampus tersebut yang berdiri megah di Jl. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung.

Kegiatan yang dikemas dalam seminar bertema Deradikalisasi Pemahaman Agama di Sekolah Menengah Atas ini terselenggara berkat kerja sama antara Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta dan UIN Raden Intan Lampung.

Widya Puspita, salah seorang mahasiswi jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN Lampung mengaku sangat terkesan terhadap seminar dan pameran ini. “Kesan saya acara kali ini sangat seru dan sangat recommended untuk para mahasiswa,” kata Widya.

Terkait pembagian buku, ia mengusulkan agar lebih tertib. Sebab, banyak di antara mahasiswa yang tidak kebagian. “Selain itu, juga pembagian sertifikat agar lebih banyak disiapkannya. Karena kami terlambat, jadinya tidak kebagian,” tuturnya.

Senada dengan Widya, Afriansyah, dari jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN Lampung melihat pentingnya acara ini karena memberikan edukasi kepada mahasiswa dan dosen di kampus tersebut.

“Untuk ke depan, materinya perlu dipadatkan dan diperbanyak. Buku-bukunya juga perlu disediakan lebih banyak. Saya sendiri dapat lima judul untuk membuat skripsi,” ungkapnya.

Salah seorang mahasiswi Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Lampung, Devi Rianti, mengatakan sangat terkesan kepada acara ini.”Alhamdulillah bagus. Saya harap nanti diadakan lagi acara seperti ini,” ujarnya.

Mahasiswi semester 5 ini mengaku senang mendapat buku-buku secara gratis dari sejumlah stand pameran, salah satunya Perpustakaan Balitbang Diklat.

Luki Budiawan, salah satu pemandu pameran dari Perpustakaan Balitbang Diklat, mengatakan pihaknya membawa 127 eksemplar dalam pameran tersebut. “Alhamdulillah buku habis dalam dua hari pameran,” ungkapnya.

Ia datang bersama Ismail, pustakawan sekaligus salah satu pemandu pameran. “Kami datang ke sini sejak semalam. Menurunkan buku-buku sekaligus mengecek kesiapan tempat pameran,” kata Luki.

 

Pembagian Buku Gratis

Kepala Balai Litbang Agama (BLA) Jakarta H Samidi Khalim dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada tim pameran yang turut memeriahkan kegiatan.

“Ada pameran dari beberapa stand, antara lain Sekretariat Balitbang Diklat, Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan, LPMQ, dan UIN Lampung yang membuka boot untuk hasil-hasil penelitian. Buku-buku jika hadirin berminat akan kami berikan secara gratis,” ujarnya.

“Semuanya kami baktikan untuk teman-teman di UIN Raden Intan Lampung ini,” sambung mantan Kepala BLA Semarang ini disambut aplaus hadirin.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin mengatakan sangat bersyukur dan mengapresiasi BLA Jakarta. Pasalnya, pada hari ini pihaknya mendapatkan sebuah kepercayaan acara penting dan bermakna bagi semua, utamanya sivitas akademika UIN Lampung.

“Amanah itu diberikan oleh Kementerian Agama RI melalui BLA Jakarta di bawah kepemimpinan Bapak Doktor Samidi. Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri,” kata Rektor.

Selain Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaludin PhD dan jajarannya, hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi VIII DPR RI I Komang Koheri, Kakanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo.

Hadir juga para penyuluh dari berbagai daerah di Lampung dan ratusan mahasiswa UIN Lampung. Pameran dan ekspos hasil akademik ini dijadwalkan tiga hari, Selasa-Kamis, 20-22 September 2022. []

Ova/diad

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI