Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Komitmen Untuk Melakukan Perubahan

26 Mei 2023
Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Komitmen Untuk Melakukan Perubahan

Ciputat (Balitbang DIklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi'i tutup secara resmi Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi ASN Angkatan II dan III di Pusdiklat Tenaga Administrasi Ciputat Tangerang Selatan, Kamis (25/5/2023).

"Pelatihan ini memang tidak bisa melahirkan hasil yang instan seperti pelatihan teknis tetapi yang dibutuhkan adalah komitmen untuk melakukan perubahan," ungkap Kapus Syafi’i.

Peserta yang ikut pelatihan penggerak ini, lanjut Kapus, agar tetap berkomitmen untuk merawat gagasan moderasi beragama sehingga bisa menciptakan gelombang tren dalam masyarakat secara perlahan.

Menurut Kapus, pilihan negara pancasila adalah pilihan terbaik untuk kita. "Kita tidak memilih cara penyingkiran (genosida) atau segregasi tetapi memilih model akomodasi," tuturnya.

"Saya berharap pelatihan penggerak ini mampu merubah mindset kita sebagai agen moderasi," tutupnya.

Pelatihan secara klasikal yang berlangsung dari  tanggal 22 s.d 26 Mei 2023 ini diikuti peserta masing-masing berjumlah 30 orang terdiri dari Pejabat Administrator (eselon III) atau Pejabat Fungsional Ahli Madya yang belum pernah mengikuti pelatihan sejenis.

Hadir pada kesempatan ini, para pejabat struktural dan fungsional Pusdiklat Tenaga Administrasi, para instruktur nasional dan para fasilitator.

(RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI