Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah Menjawab Tantangan Perubahan Zaman

16 Mar 2022
Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah Menjawab Tantangan Perubahan Zaman

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan litbang dan Diklat  Kementerian Agama menyelenggarakan Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah di Pusdiklat Tenaga Administrasi. Pelatihan ini adalah pelatihan perdana yang diselenggarakan secara klasikal semenjak pandemic covid 19. 

Menurut Kabid Penyelenggara Achmad Nidjam Pelatihan Teknis Manajemen Madrasah sangat penting karena memang perubahan zaman pengaruh teknologi yang begitu cepat akan mempengaruhi tata Kelola manajemen madrasah  sehingga kita berpacu dengan kondisi yang memang menantang untuk selalu melihat tantangan yang muncul di depan.

 “Kegiatan manajemen ini tentunya memang sesuai dengan tantangan zaman. Jika kita mengukur manajemen madrasah berdasarkan dari cerita masa lalu maka kita akan tertinggal karena manajemen itu selalu berubah sesuai dengan kebutuhan zamannya,” kata Kabid Nidjam saat memberi sambutan di Pusdiklat Tenaga Administrasi, Senin (14/3/2022).

Menurut Kabid, ke depannya para pengelola harus dapat membedakan  antara ibadah dengan manajemen pengelolaan. Oleh karena itu, Kemenag khususnya Pusdiklat merasa memiliki kewajiban bagaimana ke depan tantangan-tantangan ini bisa terjawab apalagi di madrasah yang sekarang sistem pembelajarannya secara daring semenjak masa pandemi.

“Seorang manajer yang mumpuni adalah manajer yang bisa menata tantangan-tantangan ini menjadi satu keunggulan dengan pelatihan yang diharapkan bisa menjadi solusinya,’’ ungkap Kabid Nidjam.

Pelatihan yang akan berlangsung pada 14 s.d. 18 Maret 2022 ini diikuti oleh 30 Kepala Madrasah yang berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia.[]

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI