Pelatihan Teknis Videografi Guna Meningkatan Kemampuan Bidang Teknologi dan Informasi

21 Feb 2023
Pelatihan Teknis Videografi Guna Meningkatan Kemampuan Bidang Teknologi dan Informasi

Tarakan (Pusdiklat Tenaga Administrasi)  --- Guna meningkatan kemampuan bidang teknologi dan informasi, khususnya penggunaan kamera video dan fotografi, sebanyak 30 orang dari unsur masyarakat yang mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama yang terdiri dari Sekretaris MUI, DPC, BP4, PNPNP Humas, GP Ansor, BKMT, LASQI, IPHI dan PWNU kota Tarakan mengikuti pelatihan eksternal Pelatihan Teknis Videografi Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan Sultan Halim mengungkapkan bahwa memperoleh informasi merupakan hak asasi setiap manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

“Salah satu cara untuk menyebarluaskan informasi yang dianggap cukup menarik adalah melalui media foto dan video,” ungkapnya di Hotel Royal Jl. Mulawarman No. 14 Rw No. 18 Karang Anyar, Kec. Tarakan Bar Kota Tarakan Kalimantan Utara, Senin (20/2/2023).

“Maraknya media sosial menjadi salah satu bentuk kebangkitan kembali dunia fotografi dan videografi. Dengan adanya media sosial yang bervariasi bisa mengakomodasi foto dan video sebagai media informasi, promosi, dokumentasi bahkan bisnis. Karenanya kemampuan di bidang fotografi dan karena dibutuhkan semakin menjadi videografi merupakan alat yang dapat digunakan sebagai media berekspresi,” tutur Sultan Halim.

Menurutnya saat ini media merupakan salah satu hal yang sangat dalam menyampaikan pesan dan meningkatkan branding lembaga.

“Videografi sangat penting mengingat pesan gambar yang didukung dengan suara dan multimedia menjadi pendukung informasi yang disampaikan,” jelasnya.

Fotografi dan Videografi, lanjutnya lagi  juga memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang fungsi public relations atau kehumasan.

“Ikuti pelatihan ini dengan baik, setelah mengikuti pelatihan ini peserta harus mampu memahami dan menguasai teknik pengoperasian kamera video serta mampu mengolah hasil liputan dan menyebarkannya melalui sosial media,” tandasnya.

Pelatihan ini akan berlangsung dari tanggal 20 s.d. 24 Februari 2023. Narasumber dari pejabat stuktural/fungsional/widyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI