Pembukaan PJJ, Kapus: 4.168.118 PNS Memerlukan Metode Pengembangan Kompetensi

17 Mar 2022
Pembukaan PJJ, Kapus: 4.168.118 PNS Memerlukan Metode Pengembangan Kompetensi

Ciputat (Balitbang Diklat)---Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah ASN mencapai 4.168.118 pegawai, tentunya kondisi ini memerlukan metode pengembangan kompetensi  sesuai dengan kekuatan anggaran dan perkembangan teknologi, salah satunya pelatihan jarak jauh.

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi A. Buchori mengatakan Pelatihan Jarak Jauh Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Penilaian Kinerja PNS, dan Pelayanan Publik diselenggarakan dalam rangka membekali dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta untuk menyesuaikan dengan regulasi terkini yang berkaitan dengan penilaian kinerja PNS.

“Ini juga menjadi kebijakan Menteri Agama dalam melakukan transformasi pelayanan publik, serta kemampuan untuk melahirkan karya tulis ilmiah sebagai kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar Kapus Buchori secara vitual, Kamis (17/3/2022).

Menurut Kapus, pelatihan ini penting dan strategis di tengah tantangan serta kenyataan kehidupan birokrasi yang terus berkembang dinamis. Ini menuntut kinerja nyata dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Aparatur Sipil Negara.

Kapus berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya sebagai sebuah proses belajar mengajar. “Peserta harus bersikap pro-aktif dengan penuh kedisiplinan serta ketekunan. Manfaatkan setiap waktu dan kesempatan untuk menyerap ilmu dan keterampilan dari para  narasumber," ujar Kapus.

Lebih lanjut, Kapus Buchori mengarahkan agar membangun komunikasi dan kerja sama  antara peserta, narasumber, dan panitia sehingga setiap materi pembelajaran dapat diserap secara maksimal dari aspek knowledge, skill, dan attitude,” tandasnya.

Masing-masing pelatihan diikuti 30 peserta  yang berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi, Unit Pusat, Daerah, dan PTKN seluruh Indonesia. Pelatihan  akan berlangsung dari pada 17 s.d. 30 Maret 2022. Ini adalah pelatihan teknis administrasi jarak jauh pertama di tahun 2022. Hadir juga pada pembukaan ini Kabid Penyelenggara Achmad Nidjam, para pejabat fungsional dan para widyaiswara. []

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI