Penerjemahan Al-Qur’an ke Bahasa Cirebon Menuju Tahap Pencetakan

31 Des 2023
Penerjemahan Al-Qur’an ke Bahasa Cirebon Menuju Tahap Pencetakan
Kunjungan Tim Sosialisasi Puslitbang LKKMO ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat, 29-31 Desember 2023.

Cirebon (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, telah mencapai tonggak bersejarah dengan berhasil menerjemahkan Al-Qur'an ke dalam bahasa daerah, sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Budaya. Sejak dimulainya program ini, telah dihasilkan 26 terjemahan Al-Qur'an dalam berbagai bahasa daerah.

 

Pada akhir tahun anggaran 2023, Kepala Puslitbang LKKMO, Prof. Moh. Isom, memerintahkan tim untuk melakukan kegiatan sosialisasi produk di berbagai daerah, termasuk di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat, yang berlangsung dari 29-31 Desember 2023.

 

Tim yang ditugasi untuk sosialisasi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon terdiri dari I Nyoman Suwardika, Sustina, dan D. Wahyudi. Mereka diterima oleh Heru dari Layanan Penjaminan Mutu (LPM), yang sebelumnya telah terlibat dalam kerja sama dengan Puslitbang LKKMO dalam penerjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa Cirebon pada 2021. Kegiatan ini dilanjutkan dengan validasi pada 2022, melibatkan akademisi, budayawan, dan pihak keraton sebagai ahli di bidangnya.

 

Menurut Sustina, proses penerjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa Cirebon pada 2023 telah mencapai tahap tashih di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat. Diharapkan proses ini dapat selesai pada tahun ini, kemudian dilanjutkan ke tahap akhir, yaitu pencetakan Al-Qur'an, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

 

"Kami berharap Al-Qur'an versi bahasa Cirebon ini tidak hanya akan menjadi sarana pembelajaran keagamaan tetapi juga dapat menjadi media yang mendekatkan masyarakat Cirebon dengan nilai-nilai Al-Qur'an. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian bahasa lokal," ujar Sustina di Cirebon, Jumat (29/12/2023).

 

Proses ini memiliki dampak yang luas, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman agama dan nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat setempat. Pencetakan versi cetak dan digital Al-Qur'an dalam bahasa Cirebon diharapkan dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an. (I Nyoman Suwardika/Barjah/bas)

   

 

Penulis: I Nyoman Suwardika
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Barjah dan Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI