Pengembangan Kompetensi Teknis ASN: Guna Meningkatkan Mutu Aplikasi E-Office

25 Agt 2020
Pengembangan Kompetensi Teknis ASN: Guna Meningkatkan Mutu Aplikasi E-Office

Bogor (24 Agustus 2020). Pusdiklat Tenaga Administrasi melalui Bagian Tata Usaha melaksanakan kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Instansi Lain (Pengembangan Kompetensi Teknis ASN: E-Office) di Bogor Valley Hotel selama tiga hari (24-26 Agustus 2020). Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari 24 orang pejabat dan pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi, 2 orang Sekretariat Badan Litbang dan Diklat, 4 orang LPMQ, 4 orang BDK Jakarta, 3 orang BDK Bandung dan 1 orang Kantor Kementerian Agama Bogor.

Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Moh. Isom Yusqi yang hadir sebagai narasumber dalam materinya yang berjudul Layanan Manajemen Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi mengatakan ada banyak bahkan sudah overload aplikasi yang ada di Kementerian Agama (24/08).

“Aplikasi itu tujuannya untuk terintegrasi dan terkoneksi satu sama yang lainnya dan mempermudah kita melaksanakan tugas sehari-hari,” terangnya.

Menurut Sesban Isom kurangnya sadar data yang membuat kita tidak terintegrasi dan terkoneksi satu sama yang lainnya.

“Data itu property dan amunisi kita untuk bargaining, kalau tidak ada data kita bisa halu,” tandas Sesban.

Ada empat kelemahan di Kementerian Agama menurut Sesban yaitu  kurangnya sadar data, kurangnya sadar dokumen/arsip yang sangat lemah, kurang sadar komunikasi dan informasi dan kurangnya kesadaran terhadap media.

“Kesadaran komunikasi dunia maya dan dunia nyata perlu ditumbuhkan agar masyarakat mengetahui keberadaan kita, silakan berinteraksi dan berinovasi untuk memudahkan pekerjaan dengan aplikasi yang terintegrasi dan terkoneksi satu dengan yang lainnya, paling tidak untuk internal kita,” pesan Sesban.

Sebelumnya Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Rudi Subiyantoro dalam pembukaannya berpesan sebagai pusat administrasi kita harus faham dan mengerti administrasi.

‘’Melalui kegiatan ini gali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber mengenai aplikasi e-office, nantinya dengan aplikasi satu orang dapat mengerjakan beberapa pekerjaan,’’ imbuh Kapus.

Hadir narasumber lainnya Kabag OKH/Kepegawaian UIN SMH Banten H.M. Nailil Fijjar dan Direktur CV Rifil Abadi Makmur Arief Syafrizal Rachman.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kabag TU Wawan Ridwan, Kasubbag Umum Astuti Nilawati dan Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan Heny Lestari.[]

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI