Penguatan Badan Moderasi Beragama, Widyaiswara Harus Upgrade Diri

13 Mar 2023
Penguatan Badan Moderasi Beragama, Widyaiswara Harus Upgrade Diri
Kepala Balitbang Diklat Prof. Suyitno saat menyampaikan arahan pada pembukaan Pelatihan Teknis Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Ciputat, Senin (13/3/2023).

Ciputat (Balitbang Diklat)---Moderasi Beragama adalah PR kita jangka panjang. Apalagi Badan Litbang dan Diklat akan bertransformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM).

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Suyitno pada pembukaan Pelatihan Teknis Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Jabatan Fungsional dan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi Jabatan Administrator Angkatan I di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat, Senin (13/3/2023).

Menurutnya, selain problem sasaran dan jenis penguatan moderasi beragama, Balitbang Diklat juga masih dihadapkan pada persoalan narasumber apalagi dengan banyaknya jabatan fungsional yang ada sekarang. Oleh karena itu, Kaban mengimbau agar memetakan para widyaiswara sebagai narasumber di bidangnya masing – masing termasuk narasumber dan widyaiswara yang mengisi berbagai materi penguatan moderasi beragama.

“Sudah saatnya para widyaiswara meng-upgrade diri, belajar terus dan terus, jangan hanya mengajar, agar ilmu yang disampaikan baru terus,” imbau Kaban Suyitno.

Kaban juga mengatakan ketika Badan Litbang dan Diklat sudah menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM), akan menjadi tempat semua jenis Sumber Daya Manusia.

Pada kesempatan itu Kaban juga mengingatkan pada level – level tertentu semua ada di tangan eselon tiga. “Anda itu sangat penting dalam konteks kementerian karena anda adalah decision maker, ruh penjaga institusi,” tegas kaban Suyitno.

Untuk pelatihan KTI, Kaban mengingatkan kepada penyelenggara, jika Rencana Tindak Lanjut (RTL) tidak bisa diterapkan jangan diluluskan. “Kita harus sungguh – sungguh menerapkan reformasi kediklatan,” tandasnya.

Ia juga berharap setelah selesai mengikuti pelatihan agar bisa langsung membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Syafi’i melaporkan pelatihan KTI dan pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi Jabatan Administrator Angkatan I akan berlangsung  di Pusdiklat Tenaga Administrasi dari tanggal 13 s.d 17 Maret 2023. Peserta dari masing – masing pelatihan berjumlah 30 orang, KTI terdiri dari unit satu eselon pusat, Kanwil Kemenag Prov, Balai Diklat Keagamaan dan PTKN sementara pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi Jabatan Administrator Angkatan I terdiri dari Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.

Hadir pada pembukaan Kabag TU Nilam Nur Azizah, para ketua tim kerja, para widyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi serta fasilitator dan instruktur nasional moderasi beragama.

RS/diad

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI