Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Penguatan Moderasi Beragama, Kemenag Gandeng Insan Perbukuan

Penguatan Moderasi Beragama, Kemenag Gandeng Insan Perbukuan

Senin, 26 September 2022
Kategori : Berita
91 kali dibaca

Jakarta (Balitbang Diklat) --- Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng insan perbukuan dalam rangka Penguatan Moderasi Beragama (MB). “Insan perbukuan menjadi bagian penting dalam penguatan Moderasi Beragama. Untuk memastikan mereka terlibat dalam penguatan MB ini, Kemenag melaksanakan sejumlah kegiatan,” ungkap Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan DIklat Kemenag Arskal Salim, di Jakarta, Senin (26/9/2022). 

Terbaru, lanjut Arskal, LKKMO Balitbang Diklat Kemenag telah menyelenggarakan Orientasi Moderasi Beragama bagi Pelaku Perbukuan, di Yogyakarta, pada 15-18 September 2022.   “Kegiatan tersebut telah diikuti 60 peserta yang berasal dari penerbit di Pulau Jawa, terdiri dari editor, penulis, dan illustrator,” ungkap Arskal.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali dengan menghadirkan narasumber dari Tim Pokja Moderasi Beragama - Instruktur Nasional Moderasi Beragama, IKAPI, Tim Supervisor/Penilai Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA), dan Penerbit yang Hasil Penilaian Bukunya Baik.

Menurut Arskal, Sekjen Nizar Ali yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pokja Moderasi Beragama mengapresiasi kegiatan orientasi tersebut. “Beliau berharap orientasi ini memberikan wawasan yang nyata bahwa dalam rangkan menjaga kerukunan dalam keberagaman, Moderasi Beragama adalah solusinya,” ujar Arskal. 

Ia menambahkan, ada empat tujuan pelaksanaan Orientasi bagi insan perbukuan ini. Pertama, memberikan penguatan moderasi beragama bagi pelaku perbukuan secara terarah, sistematis, komprehensif, dan berkelanjutan; kedua, memberikan penguatan wawasan kebangsaan bagi pelaku perbukuan; ketiga, memberi sarana diskusi yang sehat tentang penyusunan dan penerbitan buku pendidikan agama; dan keempat mendukung terciptanya buku pendidikan agama yang bermutu murah dan merata.

Arskal mengungkapkan, dalam Pembukaan tersebut, hadir juga memberi sambutan Bapak Ir. Ibnu Mahmud Bilalludin (Anggota DPR RI – Komis VIII), Dr. H. Masmin Afif, M.Ag (kepala Kanwil Kemenag DIY), dan Arys Hilman (Ketua IKAPI Pusat).

Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, berisi materi dan Narasumber sebagai berikut:

1. Membongkar Asumsi dan Membangun Perspektif [Ahmad Anfasul Marom, Trainer Nasional MB]

2. Sketsa Kehidupan Beragama di Indonesia [Wawan Junaedi, Kepala Pusat Kerukunan Ummat Beragama]

3. Moderasi Beragama [Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI 2014-2019]

4. Buku sebagai produk kebudayaan: [Hikmat Kurnia, IKAPI]

5. Kisah sukses penerbit yang naskahnya lolos uji penilaian. [Djadja Subagdja, Penerbit Yudhistira]

6. Studi Kasus dan Temuan dalam Penilaian Buku Pendidikan Agama [Ridwan Bustamam, Puslitbang LKKMO]

7. Naskah buku pendidikan agama berbasis moderasi beragama [Pdt. Jimmy (PGI) dan Andreas (IKAPI)]

8. Ilustrasi dan tampilan buku pendidikan agama berbasis moderasi beragama [Rozaki, UIN Sunan Kalijaga) dan Tatang T. S, IKAPI]

Muis/diad 

 

 


Sumber :

Penulis : Muis

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP