Penilaian Buku Pendidikan Agama dan Keagamaan: Cara Peningkatan Literasi Agama

23 Sep 2019
Penilaian Buku Pendidikan Agama dan Keagamaan: Cara Peningkatan Literasi Agama

Depok (23 September 2019). Urgensitas penilaian buku adalah profesionalitas, transparansi, akuntabilitas, moderasi beragama, dan rendahnya literasi agama (A Nation Religious Illiteracy).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Muhammad Zain dalam pembukaan kegiatan Penilaian Buku Pendidikan Agama dan Keagamaan Pada Sekolah dan Madrasah di Depok, Senin (23/09). Pertemuan ini dimaksudkan melakukan penilaian (uji coba) instrumen dan coaching penilai.

“Salah satu cara meningkatkan literasi agama dalam negara yang pluralis adalah menyediakan buku-buku yang berkualitas, khususnya buku pendidikan agama dan keagamaan. Ringkasnya untuk menjamin kualitas konten buku tersebut maka harus melewati proses penilaian,” ujar Kapus Zain.

Hal lain yang diingatkan Zain adalah agar tim penilai bekerja dengan sangat cermat, teliti, dan profesional. “Buku harus terbebas dari aliran yang bertentangan dengan Pancasila, radikalisme, pornografi, dan lainnya,” ungkap Zain.

Mengakhiri sambutannya Zain mengutip Bondan Winarno “Buku adalah guru yang tak pernah marah. Buku adalah teman setia bersama Anda, dimana saja dan kapan saja, kecuali ketika menyelam di laut atau bersembunyi di kolong selama gerhana”.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kabid Litbang Lektur Keagamaan Bahari menginformasikan bahwa jumlah buku yang akan dinilai sebanyak 297 buah yang terdiri dari Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Buku Teks Agama di Madrasah, Buku Pendamping/Pengayaan, dan Buku Non Teks (Ensklopedia) untuk agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Peserta yang hadir berjumlah 85 orang terdiri dari tim penilai dari masing-masing agama, perwakilan dari berbagai Bimbingan Masyarakat, praktisi pendidikan, akademisi, dan warga LKKMO.

Tampak hadir sebagai narasumber Azhari Dasman dari Pusat Bahasa, Nurhartati dari UNJ, Susilawati dari PNJ, Dyah Palupi dari Dinas Yogyakarta, dan Bambang Trimansyah dari Ikatan Penulis Indonesia.[]

AS/diad

 

REKAPAN KATEGORISASI DATA BUKU YANG SUDAH DIINPUT

       

A

Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

 

No

Mata Pelajaran

Jumlah

 

1

Islam

38

 

2

Kristen

23

 

3

Hindu

6

 

4

Katolik

46

 

Total

113

       

B

Buku Teks Agama di Madrasah

 

No

Mata Pelajaran

Jumlah

 

1

Qur'an Hadist

13

 

2

Aqidah Akhlak

14

 

3

Fiqih

13

 

4

Sejarah Kebudayaan Islam

19

 

5

Bahasa Arab

14

 

Total

73

       

C

Buku Pendamping / Pengayaan

 

No

Mata Pelajaran

Jumlah

 

1

Buddha

4

 

2

Islam

81

 

3

Kristen

3

 

Total

88

       

D

Buku Non Teks (Ensklopedia )

 

No

Mata Pelajaran

Jumlah

 

1

Buddha

0

 

2

Islam

23

 

3

Kristen

0

 

4

Hindu

0

 

5

Katolik

0

 

Total

23

       
 

Total (A+B+C+D)

297

 

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI