Penutupan PKA, Kapus: Alumni PKA Harus Memiliki Kompetensi

12 Jun 2020
Penutupan PKA, Kapus: Alumni PKA Harus Memiliki Kompetensi

Ciputat (12 Juni 2020). Alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) harus memiliki standar kompetensi PNS, yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan sosiokultural sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 pasal 69.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapusdiklat Tenaga Administrasi, Rudi Subiyantoro saat memberikan sambutan dan arahan pada penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I yang dilakukan secara daring/online di Aula Saefudin Zuhri Gd. 5 Pusdiklat tenaga Administrasi, Jumat (12/06).

PKA Angkatan pertama tahun 2020 berlangsung dari tanggal 10 Maret-12 Juni 2020.

“Peserta harus mampu menjaga marwah Kemenag dan menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan. Tujuannya untuk meraih kembali trust dari masyarakat yang telah hilang pada dekade terakhir ini,” ujar Kapus.

Kapus juga mengharapkan alumni PKA mampu mengeksplorasi materi dan menerapkan aksi perubahan  di tempat kerja masing-masing.

“Sebagai alumni PKA, peserta harus mampu menjadi public speaker yang dapat menangkal dan meluruskan berita hoaks yang sengaja disebarkan oleh sebagian kecil oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja ingin merusak citra Kementerian Agama,” tandas Kapus Rudi.

Rudi juga mengucapkan terima kasih dan maaf apabila selama proses pembelajaran pelatihan ada yang kurang berkenan.

Kabid Penyelenggara, Sri Mulyati dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan tujuh orang, predikat memuaskan 23 orang.

Kabid juga sangat mengapresiasi peserta pelatihan dan tim pengajar.

“Dalam kondisi yang terbatas ini tetap dapat mengikuti dan melaksanakan pelatihan ini dengan optimal, kita tentunya tidak akan melupakan pelatihan yang luar biasa ini, pelatihan dengan kurikulum baru dan kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tutur Kabid.

“Mari kita lanjutkan perjuangan untuk bersama-sama melawan Covid-19. Ikuti anjuran pemerintah, lakukan protokol kesehatan dengan benar dan berdoa kepada Allah SWT Tuhan YME agar ujian ini segera berakhir,” imbau Kabid Sri.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kabag TU Wawan Ridwan, Kabid Program dan Pengendalian Mutu Saipul Bahri, para pejabat Eselon IV, dan para widyaiswara yang mendampingi pelatihan.[]

RS/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI