Perdamaian, Harmoni, dan Prosperity untuk Indonesia dan Dunia

3 Mei 2023
Perdamaian, Harmoni, dan Prosperity  untuk Indonesia dan Dunia
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2023, di Sport Center UIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur, Selasa (2/5/2023).

Surabaya (Balitbang Diklat)---Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi pelaksanaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2023 yang diselenggarakan di Sport Center UIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur, Selasa (2/5/2023).

“AICIS 2023 ini merupakan pertemuan pikiran, pertemuan budaya, dan pertemuan format gagasan,” ucap Khofifah saat didaulat menyampaikan welcome speech pada seremoni pembukaan AICIS 2023 di hadapan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan ribuan pengunjung dan partisipan.

Forum AICIS 2023 ini, kata Khofifah, diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis bagi bangsa Indonesia dan dunia. Pertama adalah soal perdamaian, harmoni, dan prosperity, tiga substansi dasar yang hari ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan dunia.

Sebagai informasi, AICIS 2023 mengintegrasikan kajian teoritis dengan pengalaman empiris, tentang pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dan spirit perdamaian dalam kehidupan beragama, dengan mempertemukan para pelaku di lapangan dan akademisi ternama.

Dilaksanakannya Konferensi AICIS 2023 ini bukan sekadar forum akademik yang eksklusif dan teoretik, tetapi juga menjadi bagian dari forum akademik yang merumuskan berbagai solusi atas tantangan riil pada permasalahan-permasalahan nyata kemasyarakatan dan menghasilkan rumusan Surabaya Charter yang nanti akan dideklarasikan bersama.

“Pilihan Menag menempatkan AICIS 2023 ke-22 di Jawa Timur, sebagai pilihan yang tepat. Jawa Timur sebagai Bumi  Mojopahit yang mengenalkan Bhineka Tunggal Ika; tan hana dharma mangrwa, berbagai budaya yang muncul tidak mudah dicari dari berbagai negara lain,” tandasnya. (Barjah/bas/sri)

Penulis: Barjah
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI