Perpustakaan Balitbang Diklat Ramaikan Jabar Islamic Book Fair 2019

9 Des 2019
Perpustakaan Balitbang Diklat Ramaikan Jabar Islamic Book Fair 2019

Bandung (9 Desember 2019). Penghujung tahun 2019 ini semakin semarak dengan digelarnya Jabar Book Fair di Gedung Landmark  Jalan Braga 129 Bandung. Beragam penerbit dengan genre Islam hadir pada kesempatan kali ini. Pameran ini menjadi ajang tahunan yang diselenggarakan oleh IKAPI Jawa Barat. Tampak masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa antusias menghadiri perhelatan ini.

Pameran yang mengusung tema “Ajari Aku dengan Kalam-Mu” diharapkan menjadi sumbangsih bagi kebangkitan Literasi Islam. Hal senada diungkapkan pula oleh Ketua IKAPI Jawa Barat, Mahpudi. “Umat Islam dapat membangun peradaban yang mulia, tidak hanya diharuskan belajar membaca tetapi juga menulis. Dan Allah SWT secara eksplisit menyatakan bahwa keduanya harus dilakukan oleh setiap umat Islam. Itu sebabnya pameran buku-buku Islam Jawa Barat tahun ini mengusung tema Ajari Aku dengan Kalam-Mu,” ujarnya.

Dari sinilah bisa mulai dipicu semangat Muslim untuk berpihak pada pengetahuan, sikap damai dilakukan, kreativitas dalam dakwah seiring perkembangan teknologi dan kondisi masyarakat kekininan perlu terus dikembangkan. Dengan demikian akan melahirkan karya-karya dan dakwah berkualitas untuk kemajuan Islam.

Jabar Islamic Book Fair berlangsung tanggal 4 s.d 10 Desember 2019 yang diikuti oleh sekitar 70 peserta dari penerbit buku dan 8 konter kuliner. Pada kesempatan ini juga digelar sebanyak 28 acara yang dikemas dalam format festival agar lebih menarik dan berpotensi mendatangkan banyak peserta dan pengunjung pameran.

Tentu hal ini tidak dilewatkan oleh Perpustakaan Balitbang Diklat. Perpustakaan Balitbang Diklat menggelar beragam buku koleksi perpustakaan, berasal dari hasil-hasil penelitian. Sebagian buku-buku tersebut di-display untuk kepentingan memamerkan dan menyosialisasikan produk internal khazanah intelektual Balitbang Diklat.

Namun demikian sebagian buku-buku lainnya didesiminasikan dalam pameran ini dengan  dibagikan secara gratis kepada pengunjung pameran. Tentu seperti pada pameran yang sebelumnya, untuk mendapatkan buku ini pengunjung diminta untuk memfollow IG @perpuskemenagri serta memposting foto buku pameran ke media sosial yang mereka miliki disertai caption dan tagarnya.

Demi memenuhi antusiasme pengunjung yang menyambangi pameran stan, Perpustakaan Balitbang Diklat membawa buku-buku hasil kajian dan penelitian yang melingkupi bidang Bimbingan Masyarakat dan Layananan Keagamaan, bidang Pendidikan Keagamaan, bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan, dan karya-karya lainnya seperti Tafsir Ilmi, Tafsir Tematik, Ensiklopedia Pemuka Agama, dan beberapa Alquran terjemah bahasa daerah.

Dengan digelarnya pameran ini, akan menjadi event wisata pendidikan dan rohani. Tercatat pengunjung pameran mayoritas berasal dari kalangan mahasiswa. Diharapkan kegiatan ini  mampu menghadirkan bacaan bermutu bagi bangsa ditengah begitu luasnya ruang digital. Semoga literasi dalam membaca dan menulis menjadi budaya yang semakin maju di negeri ini.[]

Teks/Foto: HAR

Editor: Diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI