Perpustakaan Balitbangdiklat dalam Ekspos Kelitbangan dan Kediklatan

24 Sep 2019
Perpustakaan Balitbangdiklat dalam Ekspos Kelitbangan dan Kediklatan

Jakarta (24 September 2019). Badan Litbang dan Diklat melalui Perpustakaan turut memeriahkan acara Ekspos Hasil Kelitbangan dan Kediklatan di Auditorium H.M. Rasjidi Gedung Kementerian Agama, Selasa (24/09).

Dalam kesempatan tersebut Badan Litbang dan Diklat memamerkan buku-buku hasil penelitian dan kediklatan dari Puslitbang, Pusdiklat, dan Balai Litbang Agama.

Berbagai buku yang dipamerkan menjadi daya tarik pengunjung, antara lain Pedoman Peneliti, Pedoman Widyaiswara, dan Pedoman Penelitian Kehidupan Keagamaan. Buku-buku tersebut merupakan produk terbaru dari  Sekretariat Badan Litbang dan Diklat.

Pengunjung pameran bukan hanya bisa melihat produk-produk yang ditampilkan, tetapi juga dapat membawa pulang buku-buku tersebut dengan gratis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal tersebut mendapat respon baik dari pengunjung yang mengira buku tersebut hanya bisa dibaca saja atau diperjualbelikan.

“Saya senang Balitbang Diklat menyelenggarakan pameran ini sehingga saya bisa dapat banyak buku bagus untuk bahan kajian,” ujar salah satu pengunjung pameran Ibu Noorika dari LIPI.

Noorika mengapresiasi kajian-kajian kelitbangan yang berkenaan dengan tema sosial budaya. Selain itu, ia pun mengusulkan agar dibuat bedah buku best seller kelitbangan. “Kalau bisa menggandeng lembaga lain yang memiliki kajian serupa supaya lebih seru dan menarik,” usulnya.

Selain memamerkan buku-buku, Perpustakan Balitbang Diklat memperlihatkaan eperpus.kemenag.go.id yang merupakan katalog online atau online public access catalogue (OPAC). E-perpus tersebut bisa menjadi media penelusuran koleksi perpustakaan yang bisa diakses dengan koneksi internet.

Ekspos Hasil Kelitbangan dan Kediklatan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama tahun ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Badan Litbang dan Diklat Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Setelah membuka acara, Menag menyempatkan berkunjung ke stan pameran.

Momen tersebut menjadi kesempatan untuk Menag menyampaikan pesan kepada penjaga stan agar bisa menjelaskan setiap produk yang dipamerkan. “Kalian harus bisa menjelaskan setiap produk yang ditampilkan, supaya pengunjung bisa tahu keunggulan setiap produk yang ditampilkan,” pesan Menag.

Kegiatan dihadiri oleh para undangan dari unsur pimpinan majelis agama, pimpinan perwakilan kementerian/lembaga, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama; para peneliti dan widyaiswara serta pegawai Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Luki Budiawan/diad

Foto: Taufik BS

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI